Alasan Ikut Blog Challenge dari BPN untuk Pertama Kali

Jumat, 15 April 2022

Alasan Ikut Blog Challenge dari BPN untuk Pertama Kali


Assalamualaikum
Apa kabar semuanya!!

Para pengunjung setia www.chocodilla.com pasti kaget kok blog ini jadi lumayan aktif publish artikel setiap hari sejak awal bulan Ramadan 2022. Padahal sebelumnya artikel hanya terbit sekali seminggu dan paling banyak ada lima artikel sebulan.

Alasannya adalah saya sebagai the one and only penulis blog ini, ingin mencoba ikut tantangan dari komunitas Blogger Perempuan (BPN) yang berjudul BPN 30 Day Ramadan Blog Challenge.

Blog challenge adalah program regular Ramadan untuk para member BPN dengan tujuan  membantu blogger untuk menulis dengan ide-ide segar dan ringan. Tidak hanya menambah semangat menulis blog, dengan mengikuti tantangan 30 hari, blogger memiliki peluang mendapatkan hadiah seru.

Di Ramadan tahun 2022 ini BPN membagi tema penulisan menjadi tiga kelompok untuk masing-masing 10 hari yaitu bagian 1 : Tentang Puasa, bagian 2 : Tentang Blogging dan Personal dan bagian 3 : Tentang Referensi dan Lebaran. Dan di setiap kelompok tema tersebut, telah disediakan sub tema yang harus diikuti.

Sebagai mana yang disebutkan di atas, tantangan menulis ini rutin diselenggarakan oleh komunitas Blogger Perempuan di bulan Ramadan. Setelah tujuh tahun bergabung dengan komunitas ini, akhirnya saya memberanikan diri mengikuti tantangan. 

Tentu mengikuti tantangan menulis ini bukan karena iseng-iseng berhadiah saja, ada beberapa alasan yang membuat saya semangat ikut 30 Ramadan Challenge.

Alasan Ikut Blog Challenge dari BPN untuk Pertama Kali



Alasan Ikut Blog Challenge dari BPN untuk Pertama Kali



1. Meningkatkan Kemampuan Menulis


Sebenarnya waktu SMA, saya paling tidak bisa mengarang atau menulis cerita saat pelajaran bahasa Indonesia. Makanya hal yang saya lakukan sekarang, menulis artikel di blog, adalah sesuatu yang masih menjadi tanda tanya besar.

"Kok bisa yah, saya melahirkan dan membesarkan blog seperti ini?"

Sebenarnya saat kuliah, saya mengambil jurusan Bahasa dan Kebudayaan Korea yang mana masih satu fakultas dengan Sastra Indonesia, namun tetap saja pelajaran menulis bukanlah favorit saya. Intinya merasa tidak memiliki keahlian dalam menulis.

Itulah kenapa blog ini tidak begitu aktif melahirkan tulisan. Saya masih menulis sesuai mood dan kalau belum menemukan ide maka susah membuat tulisan yang berbobot.

Oleh karena itu, kali ini saya memberanikan diri untuk ikut tantangan menulis selama 30 hari dari BPN. Dengan begini, mau tidak mau saya harus menulis setiap hari sesuai tema yang diberikan, tanpa harus menunggu mood.

Semoga nantinya kemampuan menulis saya makin meningkat sehingga bisa melahirkan banyak tulisan yang bagus.



2. Melatih Kedisiplinan


Menulis sesuai mood adalah tabiat kurang bagus yang ingin dihilangkan, mengingat saya sudah mulai serius mengelola blog. 

Blog yang bagus bukan hanya dilihat dari kualitas tulisan saja namun juga dari kuantitas. Tidak hanya di dunia blogger, di media sosial manapun, kunci sukses sebuah akun atau seorang influencer adalah dari konsistensi membuat konten.

Youtuber terkenal Indonesia yaitu Atta Halilintar pernah berkata demikian, dia merasa bisa sangat sukses karena selalu menggunggah video setiap hari.

Yup kunci sukses adalah "rajin dan disiplin". 

Jangan menunggu sempurna baru membuat tulisan, namun seringlah membuat tulisan hingga menjadi sempurna. Oleh karena itu, saya merasa senang ada tantangan dari BPN ini, yang membuat kita harus rajin dan disiplin membuat tulisan setiap hari.


3. Lebih Produktif di Bulan Ramadan


Mengikuti tantangan menulis selama 30 hari menjadi salah satu kegiatan yang ingin dilakukan di bulan Ramadan sebagai self development. Sebelumnya sudah dibahas pada artikel ini 5 Kegiatan Self Development di Bulan Puasa.

Ramadan adalah bulan pernuh berkah dan bertabur pahala, sebaiknya kita lebih produktif walaupun tidak makan dan minum seharian. 

Banyak kegiatan positif yang bisa dilakukan, sebagai blogger tentu hal yang bisa dilakukan dan ditingkatkan adalah menulis.

Senang sekali ada BPN 30 Day Ramadan Blog Challenge, keinginan lebih produktif di bulan puasa menjadi terfasilitasi. Tema-tema yang disediakan juga mempermudah penulisan, sehingga tidak perlu bingung mencari ide tema.


4. Meningkatkan Kualitas & Performa Blog


Hingga saat ini, saya masih belum puas dengan performa blog ini sehingga banyak pr untuk meningkatkan kualitas blog.

Setiap blogger pasti ingin blognya sehat dan berkualitas. Ada banyak hal yang perlu dilakukan untuk meningkatkan kualitas blog seperti memperhatikan template/design blog, menentukan niche, memperbaiki broken link, dan yang paling penting konsisten membuat tulisan apalagi yang berkualitas.


Masih berkaitan dengan poin nomor dua yaitu melatih kedisiplinan. Dengan rajin dan konsisten menulis maka kualitas blog akan meningkat.

Blog yang rajin diupdate akan mendatangkan pembaca setia. Tak itu saja, blog yang sering diisi dengan hal yang sedang terjadi atau poluper akan mendatangkan lebih banyak trafik.

Seperti sekarang di bulan Ramadan, tentu blog yang sering membahas kata kunci seperti Ramadan, puasa, kurma, berbuka, sahur dan lain-lain menjadi favorit pembaca. Itu semua dapat meningkatkan kualitas blog.

*

Itulah empat alasan utama kenapa saya ikut BPN 30 Day Ramadan Blog Challenge. Jika dimakhir ternyata mendapatkan hadiah dari BPN, tentu itu menjadi sebuah bonus.

Tapi sepertinya masih banyak blogger yang lebih rajin, tepat waktu dan ahli menulis sehingga tidak begitu percaya diri bisa mendapatkan hadiah, hehe.


***

Tulisan ini dibuat untuk 30 Day Ramadan Challenge 2022 oleh Blogger Perempuan Network dengan tema Kenapa Ikut Blog Challenge.

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca blog saya.

xoxo
Dila

3 komentar:

  1. dan belajar konsisten juga ya mbak
    aku dari awal challenge ini diadakan masih ga berani ikutan, takut ga bisa ngisi tulisan :D
    terus berharap, ohh ikut tahun depan lagi, ternyata tetep ga ikutan, gitu aja terus, sampe tahun ini berusaha untuk ikutan juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba, supaya belajar konsisten.
      Padahal mba Ainun lumayan aktif ngeblog, enggak nyangka kalau belum pernah ikut challenge dari BPN ini. Ayo ikut mba, sekarang belum terlambat, hehe

      Hapus
  2. BPN keren banget yaa masih setia mengadakan blogging challenge seperti ini hampir setiap tahunnya. Pertama kali ikutan BPN blogging challenge tuh 2018, hasilnya signifikan sekali setidaknya untukku pribadi yaa sebagai empunya blog. Nulis makin luwes, makin mantap dengan "suara" dan gaya menulis sendiri dan pastinya nambah teman baru karena waktu itu aku hampir udah nggak menemukan orang yang main blog, ternyata masih banyak sekaliii yang aktif blogging.

    Dan ini juga pertama kalinya aku nemu blogger yang justru ikutan challenge karena sebetulnya nggak suka nulis dan ingin lebih mahir. Kayaknya aku udah punya stereotip sendiri anak sastra pasti suka nulis 😂

    Semangat yaaa, Dill! Semoga lancar sampai akhir bulan nanti. Selamat menunaikan ibadah puasa juga yaa *maap banget telat* :D

    BalasHapus