6 Tujuan Ngeblog di Tahun 2022

Jumat, 22 April 2022

6 Tujuan Ngeblog di Tahun 2022

Assalamualaikum,

Apa kabar semuanya~
Semoga sehat dan puasanya lancar yah!

Blogging menjadi kegiatan rutin saya setiap hari pasca resign dari perusahaan. "Kebetulan" setelah resign saya tidak langsung melamar di tempat lain. Melainkan pulang ke kampung halaman melepas rindu dengan keluarga setelah tidak bisa pulang hampir dua tahun karena pandemi.

Oleh karena itu, saya memiliki banyak waktu di rumah yang bisa dipergunakan untuk healing sekaligus self development, salah satunya dengan cara blogging.

Menurut saya blogging itu bukan sebatas menulis artikel saja namun ada kegiatan lain meliputi blog walking, mengecek performa blog, menengok dan memperbaiki tulisan lama, mengatur tampilan blog hingga memecahkan masalah atau kendala di blog.


Kenapa sih Semangat Ngeblog?


Ada banyak kegiatan untuk "menyibukkan diri" tapi kenapa saya pilih blogging? Tentu ada tujuan atau keinginan yang ingin digapai sehingga menjadi rajin ngeblog.

Sebelumnya saya pernah menjelaskan alasan dan tujuan ngeblog secara garis besar di sini. Pada artikel tersebut tujuan ngeblog diklasifikasikan menjadi tiga periode yaitu saat baru pertama kali membuat blog, saat lulus kuliah dan beberapa tahun terakhir.

Sekarang saya merasa perlu merangkum kembali tujuan ngeblog khususnya di tahun 2022. Belajar dari pengalaman bekerja di perusahaan, sebuah kegiatan seharusnya memiliki tujuan yang jelas. Jika sudah ada tujuan, maka bisa dibuat perencanaan dan strategi pelaksanaan yang terarah supaya tujuan tersebut bisa dicapai.


Tujuan Ngeblog di Tahun 2022


Di tahun 2022 ini saya benar-benar ingin fokus ngeblog dan memiliki impian untuk mengembangkannya sehingga blogging bisa dijadikan salah satu profesi yang dapat dibanggakan. 

Berikut tujuan ngeblog di tahun 2022 :


1. Berbagi Pengalaman dan Informasi


Tujuan utama ngeblog bagi saya adalah berbagi pengalaman dan informasi. Ini didasarkan pada pengalaman pribadi. Selama ini kalau ada pertanyaan selalu dicari di Google. Lalu Google menampilkan situs atau blog yang membahas kata kunci yang dicari.

Mulai dari tips belajar menyetir mobil hingga persiapan umrah, semua informasi tersebut didapat dari tulisan atau pengalaman orang lain di blog. Biasanya tulisan di blog lebih detail dan jujur daripada di situs berita.

Oleh karena itu, saya pun berpikir untuk menuliskan pengalaman di blog seperti tips mengurus small business, review tempat makan dan lainnya supaya tulisan tersebut bisa berguna bagi orang lain.


2. Diari Digital


Diari digital merupakan tujuan awal mula saya membuat blog. Dari pada sekedar menulis di buku, lebih seru kalau pengalaman dituliskan di blog karena bisa ditambahkan gambar.

Sekarang saya merasakan sekali manfaat blog sebagai diari digital, jika ingin bernostalgia kehidupan di Korea, rindu pengalaman umrah atau kilas balik cerita lebaran di tahun ke tahun, semuanya bisa dilihat di blog.

Pengalaman itu sangat berharga, jangan sampai hilang begitu saja bersama waktu. Untuk itu sebaiknya disimpan di blog supaya bisa dibaca nantinya sekaligus menjadi referensi bagi orang lain.


3. Belajar Hal Baru


Selain memberikan insight kepada orang lain, blogging membuat saya belajar hal baru setiap harinya.

Mulai dari belajar tentang blog itu sendiri. Pengguna blog lainnya pasti juga sering mengalami masalah blog seperti ukuran gambar berubah di tampilan layar ponsel, ada halaman yang eror, ada broken link sehingga kita harus mencari solusi dan belajar memperbaikinya sendiri.

Selain itu saat membuat artikel, saya sering membaca dulu informasi dari berbagai sumber. Apalagi saat ada tawaran kerja sama review produk maka harus mempelajari produk tersebut serta mencari informasi tambahan untuk membuat tulisan jadi lebih baik.


4. Meningkatkan Kemampuan Menulis


Blogging adalah wadah untuk belajar bagaimana membuat tulisan yang bagus dan menarik. Saya pernah membandingkan tulisan di awal blogging hingga tulisan sekarang, benar-benar banyak perkembangan.

Dulu saya menulis sesuka hati, tidak memperhatikan EYD, memakai banyak font dan warna, tidak memperhatikan bagian pembukaan, isi dan penutup. Pokoknya tulisan dulu jelek sekali.

Setelah banyak menulis dan banyak melihat tulisan orang lain, perlahan teknik menulis saya meningkat. Dan saya masih akan terus mengembangkan kemampuan menulis di blog ini.


5. Menambah Teman


Tujuan aktif blogging adalah ingin memiliki banyak teman di bidang yang sama. Metode yang saya gunakan untuk menambah teman adalah sering blog walking dan ikut komunitas blog.

Sering saya sampaikan di blog ini, ikut komunitas blog adalah cara paling cepat menambah teman sesama blogger. Manfaat memiliki teman sesama blogger adalah bisa saling bertanya masalah blog, saling mendukung blog dengan blog walking dan bisa berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan kualitas blog.


6. Menghasilkan Uang Tambahan


Terakhir tujuan saya masih semangat blogging di tahun 2022 adalah untuk menghasilkan uang tambahan. 

Yap, kita bisa menghasilkan uang dari hobi menulis di blog yaitu melalui Google AdSense, Sponsored Post dan masih banyak lagi.

Hingga saat ini, sumber penghasilan saya dari blog adalah dari tawaran kerja sama dengan brand berupa sponsored post / content review. Selain bahagia mendapatkan uang, ada rasa bangga tersendiri diajak kerja sama oleh brand. Berarti mereka suka dengan blog saya dan mengapresiasi tulisan yang saya buat.

*

Secara garis besar, demikianlah 6 tujuan semangat ngeblog di tahun 2022. Semoga blog ini bisa berkembang dengan adanya tujuan tersebut.

***

Tulisan ini dibuat untuk 30 Day Ramadan Challenge 2022 oleh Blogger Perempuan Network dengan tema Tujuan Ngeblog.

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca blog saya.

xoxo
Dila
 

3 komentar:

  1. Balasan
    1. Apalagi pengalaman tinggal di Korea itu mahal yah Cil, lo emang wajib banget bikin diari digital selama di Korea.

      Hapus
  2. Kurang lebih samalah ya. Aku juga salah satu tujuan ngeblog ya buat sumber penghasilan. Semoga dimudahkan. Aamiin

    BalasHapus