10 Things I Love August


Rasanya baru kemaren menulis tentang 10 Things I Love July dan sekarang tiba-tiba sudah hari ulang tahun Jungkook aja (baca : 1 September).

Pertama-tama saya ingin berterus-terang bahwa sebenarnya artikel ini ditulis tidak persis di awal bulan September, namun demi alasan kerapian blog maka dipublish seakan-akan di tanggal 1 September 2021, hehe.

Tak apa-apa belum bisa tepat waktu, yang penting berusaha memenuhi target tulisan yang berisi 10 hal menarik dan menyenangkan yang dialami sebulan sebelumnya. Tak usah panjang lebar mari kita lihat apa saja kebahagiaan kecil saya di bulan Agustus 2021. Anyway tak ada urutan prioritas yah, angka berikut hanya sebagai hitungan saja.


10 THINGS I LOVE AUGUST



1. Dapat Kiriman Daging Sup


Sudah rahasia umum kalau perantau dari Sumatera Barat sering mendapatkan kiriman randang dari orang tuanya. Namun pernahkah kamu mendengar kalau ada yang dikirimin daging sup? 

Adalah saya, yang membuat dobrakan dalam hal kiriman masakan dari kampung halaman. Perlu diketahui, saya merantau ke provinsi Banten, Sumatera Barat ke Banten jauh loh! Hmm, jadi curiga, apa benar sayalah orang yang pertama kali melakukan ini? Yang pernah dikirimin daging sup dari kampung halaman, mohon absen di kolom komentar.

Kisah ini berawal dari hari raya Idul Adha bulan Juli. Walaupun tinggal di tanah rantau, saya masih berqurban di kampung halaman. Biasanya setelah qurban, mama selalu mengirimkan daging qurban dalam bentuk masakan seperti randang atau dendeng balado.

Nah, kali ini saya tiba-tiba kangen dengan daging sup yang ada tulang iganya buatan mama. Padahal dulu tak suka tulang iga, tapi semenjak tinggal di rantau dan pernah mencoba menu iga bakar, saya jadi suka dengan jenis daging ini. Agak menyesal kenapa dulu tidak penasaran dengan daging iga padahal bisa dimakan gratis dan sepuasnya. Apalagi masakan daging iga cukup mahal.

Setelah shalat Idul Adha saya langsung menghubungi mama dan minta dikirimkan randang dan sup daging. Namun sup daging yang dikirim adalah dagingnya saja tanpa kuah demi keselamatan saat proses pengiriman.

Karena kesibukan, mama baru sempat mengirimkan randang dan sup daging pada bulan Agustus. Bisa dibilang ini percobaan dan harap-harap cemas apakah nanti rasa dagingnya masih enak. Mama mengirimkan hari rabu sore, paket tiba di kosan saya hari jumat siang. Begitu sampai, aroma daging masih enak. Saya langsung mengukusnya, didinginkan lalu menyimpan di freezer.

Hari sabtu siang, barulah saya coba membuat sup dengan sayur seadanya dengan menambahkan daging atau iga tersebut. Alhamdulillah rasanya masih enak. Mungkin karena daging ini memang sudah diolah dengan rempah-rempah alami sehingga dikirim dalam waktu dua hari pun rasanya masih aman. Terharu sekali bisa makan daging sup buatan mama di tanah rantau.

10 Things I Love August
Sup Daging buatan Dila



2. DA Blog Naik


Bertahun-tahun ngeblog saya baru tau ada yang namanya DA dan PA yang mana angka DA cukup penting untuk menilai kualitas sebuah blog. Selain itu DA juga sering menjadi syarat projek kerja sama dengan sebuah brand dan ketentuan lomba blog.

Pertama kali mengecek sekitar bulan April nilai DA blog saya adalah 7. Polosnya saat itu saya senang melihat angka 7 karena mengira DA seperti rangking Alexa, dimana makin kecil makin bagus. Ternyata sebaliknya, dengan range 1 hingga 100 maka yang paling bagus adalah 100.

Sejak saat itu saya banyak mencari tau informasi tentang cara meningkatkan nilai DA. Alhamdulillah nilai DA mulai naik perlahan-lahan dan bulan Agustus kemaren genap menjadi 10. Semoga ke depan nilai DA blog saya bisa meningkat lebih cepat.



3. Ikut Webinar Pertama


Awal Agustus saya pertama kali mengikuti webinar dan menggunakan aplikasi zoom sendiri. Maklum selama pandemi, lebih sering WFO dari pada WFH dan kebetulan pekerjaan di kantor juga jarang menggunakan aplikasi zoom.

Senang sekali webinar pertama saya adalah kelas SEO Content Writing yang diadakan gratis oleh BloggerHUB. Pematerinya juga blogger profesional yaitu mba Dini yang merupakan pemilik blog inspiratif bernama celotehdinihari.com

Webinar yang diikuti hampir 200 orang ini, sukses menambah wawasan saya tentang bagaimana menulis artikel yang SEO friendly. Setelah bertahun-tahun ngeblog dan menganggap blog sebagai diari digital pribadi, sekarang saya mulai semangat untuk lebih mengembangkan blog ini supaya menjadi inspirasi banyak orang dan mudah ditemukan di halaman pertama google dengan cara menulis artikel yang SEO friendly hehe.

10 Things I Love August
Screenshot saat webinar, kebetulan saya pas di posisi tengah


4. Mencoba Croffle


Pertengahan tahun 2021 media sosial mulai heboh dengan croffle yang merupakan singkatan dari croissant dan waffle. Jadi croffle itu adalah adonan croissant yang di panggang dengan mesin waffle sehingga bentuknya tipis dan bentuk permukaan kotak-kotak seperti waffle.

Kurang tau siapa atau negara mana yang menemukan varian ini namun saya sebagai sweet tooth otomatis jadi penasaran mencobanya. Agak sedih karena tinggal di kota kecil sehingga tak banyak yang menjual croffle. Saat itu yang saya tau ada dua penjual croffle dan langsung mencobanya.

Dari kedua toko, croffle yang saya sukai adalah milik Kopi Seo. Fyi sebelum beli croffle, saya menonton battle croffle di channel Tasyi Athasyia supaya tau rasa yang enak itu seharusnya seperti apa. Karena ini termasuk jenis makanan baru maka perlu mendengarkan penjelasan dari ahlinya.

10 Things I Love August
My breakfast


5. Skincare Baru


Sebenarnya ceritanya agak panjang, namun di sini saya akan coba menuliskan seringkas mungkin. Beberapa bulan lalu saya mencoba skincare dari sebuah merek ternama, ternyata hasilnya gagal. Kulit wajah saya jadi kering dan iritasi setelah dua bulan pemakaian.

Oleh sebab itu, mulailah mencari informasi skincare lain di media sosial hingga akhirnya memilih Somethinc. Alasannya adalah Somethinc memberikan penjelasan yang sangat rinci mulai dari kandungan, manfaat, urutan pemakaian dan review di Instagram mereka. 

Saya coba beli dua serum yaitu HYALuronic9+ Advanced + B5 Serum dan BAKUCHIOL Skinpair Oil Serum. Dua bulan pemakaian tepatnya di bulan Agustus alhamdulillah kulit wajah saya kembali normal.

Karena puas dengan hasil Somethinc, sayapun coba kepo dengan produk mereka yang lain khususnya untuk mengatasi masalah hiperpigmentasi. Semoga ke depan masih cocok dan hasilnya bagus.


6. Tumblr Cooky


Gara-gara Tokopedia mengumumkan akan memberikan photocard BTS gratis jika berbelanja di Tokopedia, sayapun penasaran mencoba peruntungan. Apakah bisa mendapatkan photocard Jungkook? mengingat susah mendapatkan photocard Jungkook di album BTS.

Setelah melihat ketentuan seperti minimal belanja Rp 50,000 dan berbelanja di toko dengan tanda extra gratis ongkir mulai jam 3 sore, saya dengan sangat percaya diri membeli Tumblr Cooky pada jam 15:30 di hari selasa 17 Agustus karena jadwal photocard Jungkook pada hari kemerdekaan Indonesia.

Beberapa hari kemudian barangnya datang namun tidak mengajak Jungkook. Agak sedih sih.... namun senang juga bisa merasakan sensasi hunting photocard Jungkook di Tokopedia. Selain itu, yang paling penting saya jadi punya tumblr baru berwarna pink dengan karakter Cooky di atasnya.

10 Things I Love August
Cooky Tumblr and friends



7. Gelang Cantik


Jika ditanya apa aksesoris favorit maka jawaban saya adalah gelang. Mungkin karena dari dulu mama lebih sering membelikan gelang dari pada cincin atau kalung. 

Waktu itu saya tak sengaja melihat gelang macrame dengan motif dan warna cantik di Instagram, tanpa berpikir panjang langsung pesan tiga. Senang sekali saat gelangnya sampai karena ukurannya pas dan bentuknya sesuai dengan foto di Instagram.

10 Things I Love August
Gelang macrame saya, cantik kan?


8. Diterima Shopee Affiliate Program


Rasa penasaran saya di dunia online ini sungguh banyak salah satunya penasaran dengan Shopee Affiliate Program. 

Setelah sering melihat penjelasan singkat di Tiktok akhirnya saya mendaftarkan diri pada 3 Agustus. Alhamdulillah pada 24 Agustus menerima email balasan yang menyatakan permintaan untuk bergabung dengan program KOL Affiliate Shopee telah disetujui. 

Sekarang saya masih memahami lebih lanjut kinerja atau benefit dari Shopee Affiliate Program. Semoga nanti hasilnya menarik dan bisa saya ceritakan di sini.


9. Scrunchies


Bulan Agustus saya tertarik membuat rajutan dengan design baru yaitu ikat rambut. Hal ini berawal dari sering melihat inspirasi ikat rambut rajutan di pinterest yang lucu-lucu.

Dari semua inspirasi ikat rambut rajutan, yang paling menarik perhatian saya adalah velvet scrunchies yaitu ikat rambut yang dibuat dari benang beludru.

Cek di toko benang rajut langganan ternyata mereka menjual benang velvet. Sayapun makin semangat membuat projek rajutan ikat rambut. Apalagi cara membuatnya sangat mudah. Setelah dicoba, benar-benar mudah dan hasilnya sangat cantik. Karena ini ikat rambut rajutan pertama, saya memilih untuk menghadiahkan kepada keluarga yang ada di rumah and they love it.

10 Things I Love August
Velvet Scrunchies by Yarn And Rope



10. Eksperimen Tiktok


Sejak BTS punya akun tiktok, saya terpaksa install aplikasi yang awalnya dicap alay. Ternyata makin ke sini konten Tiktok makin beragam dan banyak juga yang berbobot. Saya sering menemukan tips berjualan, informasi terkini dan tips random lainnya di Tiktok.

Awalnya saya coba upload video produk rajutan dan macrame di Tiktok namun viewnya masih sangat rendah, toh follower saya cuma satu aja.

Melihat hasil itu saya agak pesimis hingga tiba-tiba muncul ide bagaimana kalau saya upload artikel tentang K-Pop, mengingat banyak pecinta K-Pop yang main Tiktok. 

Ingat sekali waktu itu sekitar jam 23:30 saya coba screenshot artikel tentang 5 Fakta Tomorrow X Together yang saya tulis di blog sebelah. Saya edit aman sangat sederhana dan menambahkan lagu terbaru Tomorrow X Together. Bisa tonton di sini 5 Fakta Tomorrow X Together.

Keesokan harinya saya cek Tiktok ternyata viewnya lumayan yaitu mencapai angka ribuan. Menurut saya ini sebuah pencapaian luar biasa mengingat follower saya hanya satu dan video yang saya unggah sangat biasa. Karena screenshot dari blog, tulisannya juga terlihat kecil. 

Saya salut ternyata mereka yang menonton banyak yang like dan memberikan komentar tentang tulisan di dalam video. Ternyata mereka baca loh, padahal untuk membaca harus pause video dulu.

Setelah itu saya makin semangat membuat video di Tiktok menggunakan artikel di blog. Percobaan kedua lebih niat dengan membuat tulisan tentang semenarik mungkin di canva. jadi tidak sekedar screenshot.

Alhamdulillah percobaan kedua dengan judul 7 Fakta Enhypen, hasilnya lebih baik. Padahal view di blog hingga saat ini baru 23 sementara view di Tiktok sudah mencapai 18.8K. Selain itu jumlah follower saya juga bertambah. Bisa tonton di sini 7 Fakta Enhypen.

Senang sekali hasil eksperimen di Tiktok berhasil. Walaupun belum semua video memiliki nasib yang sama. Semoga ke depan saya bisa membuat konten yang lebih kreatif dan bermanfaat tentunya.

***

Sekian 10 hal yang membuat saya suka dengan bulan Agustus. Now, tell me yours ^^

xoxo
Dila



2 comments:

  1. Mba Dilaaa aku kira mba tuh merantaunya ke Jakarta lho, ternyata di Banten. Anyway sup dagingnya menggoda selera sekali xD untung ini bacanya sambil ngadep makanan jadi nggak laper-laper amat. xD

    Foto webinarnya itu mba Dila jadi center banget udah kayak Miyawaki Sakura di Produce48.

    Huhuhuhuhu aku belum sempet makan croffle T.T dan dapat info baru kalau Tasyi pernah review croffle hehehe makasih mba Dila. Aku nontonnya tuh selalu yang Airpodnya Tasya Tasyi itu lho. xD

    Wow itu BTS ternyata punya plushies juga ya, aku kira anak-anak JYP aja yang dibikinin plushies merch sama manajemen. Ternyata BTS juga. Tumblernya lucu warna pink. T_____T

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Endah, awalnya kuliah di Depok, sekarang kerja di paling barat Banten.
      Mama aku aja lihat foto ini trus dia minta resep, padahal karena nambah sayur-sayur aja kelihatan sedikit berbeda.

      Ya ampun, disamain sama Produce48, ga nonton sih tapi aku tau yg namanya Sakura.

      Kamu harus nonton video Tasyi battle croffle, bener-bener nambah wawasan sebelum beli croffle.

      Iya, si BTS punya plushies berawal dari kerja sama dengan Line Friend, kayak ITZY sekarang juga punya karakter karena collab sama Line.

      Delete

Powered by Blogger.