7 Kegiatan Menyenangkan Bersama Laptop

Jumat, 28 Mei 2021



Ketika covid-19 masuk ke negara Indonesia sekitar kuartal kedua tahun 2020, pemerintah menginstruksikan perusahaan baik yang negeri dan swasta untuk memberlakukan sistem WFH (Work From Home) pada karyawannya.

Perusahaan tempat saya bekerja tentu memberlakukan hal tersebut pada karyawan reguler/karyawan non shift dengan sistem setengah hari WFO (Work From Office) dan setengah hari WFH.

Kebijakan ini tidak disambut baik oleh semua karyawan. Ada yang merasa keberatan karena tidak memiliki laptop di rumah sementara perusahaan juga tidak bisa menyediakan laptop untuk semua karyawan yang harus WFH. Mendengar hal tersebut saya cukup kaget "Wait…. enggak punya laptop? Serius?"

Beberapa orang yang saya tanya, menjawab bahwa terakhir kali memiliki laptop saat kuliah, setelah itu jarang dipakai atau sudah rusak dan tidak berniat untuk membeli yang baru. Apalagi information security system di perusahaan sangat ketat, membuat karyawan tidak bisa membuka file apapun selain di PC kantor. Dengan kata lain karyawan tidak dapat membawa pulang pekerjaan. Makanya tidak semua karyawan yang memiliki laptop pribadi.

Namun saya masih bertanya-tanya, kenapa mereka bisa hidup tanpa laptop? Terus nanti kalau di rumah/kosan ngapain aja? Karena bagi saya laptop adalah gadget penting dan sangat dibutuhkan setelah ponsel. Saking butuhnya setiap kali mudik, saya rela menyusahkan diri memikul ransel berat yang dalamnya berisi laptop.

Mungkin ada yang bertanya kepada saya “Kenapa harus punya laptop? Toh ada TV untuk menonton dan ada ponsel yang sangat multi fungsi”.
 
Baiklah, sekarang saya ingin menceritakan kenapa laptop sangat penting dan kegiatan apa saja yang saya lakukan dengan laptop.



7 Kegiatan Menyenangkan Bersama Laptop



1. Menonton Video


Fungsi laptop yang paling sering saya gunakan adalah menonton video, mulai dari drama, film, tv show, konten-konten dari group K-Pop dan video-video menarik lainnya di Youtube. Saya lebih suka menonton video di laptop daripada ponsel karena layarnya lebar.

Fun fact : saya adalah tim download (maaf, K-Popers lama, jadi sudah terbiasa mendownload) sehingga lebih suka mendownload video terlebih dahulu dan menontonnya di laptop.

Seperti drama Korea, lebih mudah mendownloadnya di laptop daripada di ponsel. Karena website yang menyediakan link download biasanya terdapat banyak pop up iklan, akan lebih mudah menghindarinya jika diakses menggunakan laptop.

7 Kegiatan Menyenangkan Bersama Laptop

2. Me-manage Foto


Sejak kuliah saya sudah tertarik dengan kamera dan selalu memindahkan foto yang ada di dalam memori kamera ke laptop. Sehingga laptop sudah menjadi storage foto dari semua moment penting & tak penting yang sudah dilewati. Seperti dokumentasi wisuda, lebaran, jalan-jalan, perayaan ulang tahun, dan sekedar foto OOTD atau makanan.

Jadi saya butuh sekali laptop untuk menyaring foto yang bagus, mengelompokkan sesuai jenis kegiatan atau waktunya. Selain menjadi storage foto, laptop juga tempat favorit untuk mengedit foto.

Semua foto yang akan diunggah di blog pasti saya edit terlebih dahulu di Adobe Photoshop atau di Adobe Lightroom. Bukan editing yang berat, hanya sekedar mengkoreksi warna, merapikan posisi atau crop dan menambahkan watermark.



3. Blogging


Blogging adalah hobi yang saya mulai sejak kuliah sekitar tahun 2010 dan masih bertahan hingga sekarang. Kalau diingat-ingat, saya sudah mencoba beberapa platform seperti Wordpress, Blogspot, Tumblr, Livejournal dan Blog Naver. Hingga beberapa tahun terakhir memutuskan untuk fokus di Blogspot saja.

Kegiatan blogging biasa saya lakukan di laptop, mulai dari membuat draft, mengedit foto, mengatur template, layout dan lain-lain. Blog walking pun saya lakukan di laptop. Walaupun sekarang ponsel sudah canggih, saya lebih suka blogging di laptop karena layarnya lebih luas. Sehingga bisa membaca artikel dengan nyaman dan bisa melihat tempate blog orang lain.

7 Kegiatan Menyenangkan Bersama Laptop

4. Membuat Logo/Design


Walau masih belum ahli, namun saya suka membuat logo atau design sendiri di laptop. Enggak usah jauh-jauh, silakan lihat design banner yang ada di header blog ini. Bagaimana? Sederhana tapi cantik kan? Hehehe (kepedean). Sejujurnya sudah beberapa kali mengganti banner blog ini karena bosan. Terlepas dari itu membuat design baru memang kegiatan yang menyenangkan.

Saya juga tertarik membuat logo ataupun design terkait produk handmade yang saya jual. Mulai dari logo brand, design watermark di setiap foto produk, design kartu nama, design thank you card, design foto untuk di Instagram dan marketplace lainnya.

Di jaman sekarang memang sudah banyak aplikasi di ponsel yang membantu kita untuk membuat logo brand, design kartu nama dan lainnya. Namun saya memilih untuk membuat sendiri di laptop supaya hasilnya orisinil dan sesuai dengan karakter saya.



5. Mengurus Bisnis


Tidak hanya untuk membuat logo, laptop sangat saya perlukan untuk mengurus my small business. Seperti yang sudah disebutkan di atas, small business yang saya maksud adalah produk handmade yaitu macrame, sebelumnya sudah saya bahas disini yah.

Sejak awal mengurus bisnis, saya mencatat semua di Ms. Excel di laptop, yaitu catatan material dan stok, pengeluaran, pemasukan, hingga catatan detail material yang dibutuhkan dan pengeluaran untuk packaging untuk setiap produk. Catatan ini semua sangat membantu saya dalam mengelola bisnis. 


6. Membuat Subtitle


Sekitar tahun 2018, saya merasa tertantang untuk membuat terjemahan bahasa Indonesia dari video BTS, boyband favorit saya. Karena saat itu channel resmi BTS yaitu BangtanTV belum menyediakan subtitle apapun di video mereka.

Dengan niat mengasah kemampuan dan membantu fans lainnya, selama tahun 2018 hingga pertengahan 2019 saya sangat rajin membuka laptop untuk membuat terjemahan di aplikasi Aegisubs. Kenapa hanya sampai pertengahan 2019 saja? Karena setelah itu mereka sudah menambahkan subtitle berbahasa Inggris pada video.

Pernah juga kerajinan membuat color coded video untuk lagu-lagu Korea yaitu semacam video karaoke yang berisi lirik dalam huruf korea (hangeul), romanisasi, terjemahan Bahasa Indonesia yang semua warna huruf berbeda-beda sesuai siapa yang menyanyikan. 


7 Kegiatan Menyenangkan Bersama Laptop


7. Mengedit Video


Masih di tahun 2018, efek dari keseringan menonton video reaksi penggemar saat menonton music video terbaru boyband Korea, saya pun penasaran mencoba membuat video reaksi sendiri. 

Ternyata membuat video reaksi tak semudah yang dipikirkan. Harus mempersiapkan posisi yang bagus, pencahayaan, mengatur kamera, mengatur screen recorder di laptop dan yang paling sulit adalah proses editing di laptop. 

Tak hanya butuh keahlian tapi juga harus punya laptop yang bagus untuk bisa mengedit video dengan lancar. Ini benar-benar saya rasakan. Hingga tahun 2019, saya masih menggunakan laptop yang dibeli sejak tahun 2013. Sebenarnya masalahnya sudah banyak, seperti ada defect pada layar, loading yang lama, jangankan buka aplikasi Adobe Premiere Pro, baru buka Adobe Photoshop aja sudah hang. Bayangkan betapa tabahnya saya mengedit video dengan laptop tua ini.

Awal tahun 2020, laptop pink kesayangan saya ini (padahal tadi nyebutnya laptop tua, hehe) mulai menunjukkan tanda-tanda akan pensiun karena sering susah dinyalakan. Sebelum terlambat dan menyesal saya pun bertekad untuk membeli laptop yang baru. Namun saat itu bingung harus beli yang mana karena sudah tidak familiar dengan merek dan jenis laptop. Tau aja kan, sekarang merek laptop sudah sangat banyak, satu merek saja spesifikasinya beragam.

Tentu saya tidak ingin salah beli laptop, akhirnya merenungkan lagi niat dan tujuan utama membeli laptop baru. Setelah itu barulah banyak mencari tahu informasi di internet tentang laptop, spesifikasi dan keunggulannya yang bisa menunjang kegiatan saya saat menggunakan laptop tersebut.

Salah satu portal atau website yang menambah wawasan saya tentang laptop adalah www.morning.computer . Ini adalah portal berita gadget dan teknologi yang menyediakan berbagai informasi terkait gadget seperti handphone (IOS dan Android), PC/laptop, kamera, perangkat lainnya dan juga membahas game, rekomendasi, tips dan trik terkait gadget dan teknologi.

***

Demikianlah kegiatan yang sering saya lakukan bersama laptop. Bisa dipahami kan, kenapa laptop sangat penting dan sudah menjadi kebutuhan dasar saya saat di rumah?

Jadi fungsi laptop bagi saya adalah sebagai pengisi waktu luang, sebagai wadah untuk self improvement hingga mendukung my small business. Ditambah lagi sejak membeli laptop yang baru dengan spesifikasi yang sesuai dengan aktifitas saya, keberadaaan laptop menjadi semakin special (maaf agak lebay).

xoxo
Dila

37 komentar:

  1. Baca ini lngsung nengok laptop di meja, hasil produk gelap beli di kapal tahun 2010..ahaha 😅😅 serius mba Laptopku merknya NEC procie I5 generasi 1...

    Awal RAM 2 gb. Skrang udah 6 Gb... memory 500gb. Skrang udah diganti SSD 250 gb buat sistem sama hdd 500gb.. jadi ngacir meskipun urusan desain hanya bisa di Photoshop CS3.. hahah 🤣🤣

    Selebihnya aku pakai Tablet.. laptop hanya untuk bikin laporan keuangan serikat sama bikin tugas di Word sama PP. Udah.... hahha 😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. "hasil produk gelap beli di kapal"??? barang dari Batam kah?.Plis Bay, baru denger merek laptop NEC, atau aku yang kurang wawasan?

      Kalau cowo biasanya kritis yah, klo punya gadget. Ada masalah, langsung cari tau, trus diupgrade. Nah klo cewe, ada masalah maunya ganti baru...ups..hehe.

      Aku sampai sekarang belum pernah beli tablet. Sempat terpikir tuk beli, hmmm jangan lah. Ntar nambah-nambah beban saat mudik. wkwk

      Hapus
    2. Iyahh.. hahah produk gelap 🤫🤫
      NEC merk Jepang si.. di tempat kerja rata2 pake ini.

      Tablet enak si Mba.. simpell buat dibawa kemana2.. buat nonton drakor apalagi... 🤣🤣🤣

      Hapus
    3. Tapi klo produk gelap kayak gitu, biasanya bahasa atau settinggannya masih belum general enggak sih? misalnya Jepang, nanti bahasanya masih Jepang semua.

      Hapus
  2. setuju banget nih! aku juga suka banget main laptop apalagi kalau ada internetnya jadi nagih buat main laptop^^ bisa - bisa dari batre penuh sampe ke batre habis hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, klo aku, baterai laptop selalu langanan bocor. saking ga kekontrol pemakaiannya.

      Hapus
  3. Nonton video di laptop kesannya lebih lega emang hahaha, terus bisa disambi ngerjain kegiatan lain kayak ngetik blog atau apa gitu. Kalau nonton Youtube aku suka pindah-pindah tab buka kerjaan dan blog soalnya wkwk, kalau di hp kan nggak bisa ya. Bisa kalau premium, tapi aku belum tertarik pake premium mwehehe.

    Laptopku ini sekarang ukurannya yang gede, pas kuliah malah punyanya yang kecil wkwk, tapi ya laptopku ini masih belum tua-tua banget tapi batrenya udah gabisa ga nyolok hhhhhh kzl. Mau beli baru kok ya belum prioritas. Jadi yaudahlah ya.

    Mba Dila keren ih editingnya pakai Adobe semua, aku dari dulu gabisa pake itu wkwk. Pakenya app di hp kalo buat editing video, audio, sama foto😆

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, enakan nonton di laptop. Puas lihat wajah bias selayar penuh. Nah. itu juga, bisa nyambi ngeblog dll.

      Gpp endah, tunggu dia mati-mati dulu baru beli baru. wkwk. Tapi cicil aja back up harta karun dari sekarang.

      Dari dulu aku emang udah dikenalin sama adobe. Aplikasi lain emang ada yang simple tapi adobe lebih memuaskan aja. Tapi tuk upload foto di IG, aku biasanya pakai aplikasi di hp aja kayak vsco.

      Hapus
  4. Dilaaaa, keren amaaat kontribusi nerjemahin subtile di channel-nya Bangtan TV. Salah satu dedikasi sebagai fans sekaligus membantu sesama fans lainnya yak hihi

    Btw, aku juga salah satu yang masih suka melakukan beberapa hal (yang sebetulnya bisa dilakukan di hape) di laptop. Salah satunya blogging. Kalo nggak kepaksa banget ngeblog di hape, aku pasti lebih memilih ngetik-ngetik di laptop, bahkan untuk balas komentar atau blogwalking sekali pun. Terus edit-edit foto lebih suka di laptop juga karena bisa digeser-geser pake kursor. Suka greget kalo ngedit di hape tuh nggak bisa ngatur posisi font atau foto senyaman mungkin XD; Btw, banner kamu lucuk! Jadi kayak semacam scrapbook gitu yaa :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih Jane, kamu dulu juga suka nerjemahin artikel berbahasa cina ttg suju kan buat forum suju indonesia? perasaan pernah baca di blog kamu. Iya, kadang pengen punya kontribusi buat fans lainnya. Tapi sekarang aku udah bosan, haha.

      Aku dari dulu selalu ngeblog di laptop, klo di hp cuma buat ngecek lagi apakah tampilan blog di HP udah bener atau enggak. Klo ngedit foto yang perlu ditambahin captiop atau watermark emang enakan di laptop.

      Makasih jane, banner aku itu emang pakai element dari scrapbook. dulu banget logo banner aku scrapbook bgt, skrg mulai bikin desaign yang simple.

      Hapus
  5. Untuk para penulis dan blogger, laptop udah jadi soulmate banget setelah HP ya, saya juga lebih suka blogging di laptop karena lebih lapang layar bacanya. Dulu bahkan sempet beli tablet untuk blogging, tapi tetep laptop adalah fasilitas ternyaman untuk pekerjaan tulis menulis.
    Selain itu blog walking pakai laptop juga bisa lihat desain atau layout temen sesama blogger.

    Btw baru tau kalau ternyata mba Dila juga suka BTS, salut sama dedikasinya. Mantapss

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, laptop dan blogging adalah satu paket. Paling nyaman dan paling praktis kalau edit-edit.

      Yups, saya suka BTS, kamu juga suka yah?
      hehe,, makasih.

      Hapus
  6. Kalo versiku ada nomor 8 yaitu belajar dance lewt video (eh ini sama aja ya kayak nomor 1). Anyway, saya juga Kpopers lama yang ngerasain gimana ke warnet buat download mv dan video reality show lainnya. Terus juga ngerasain gimana berburu majalah di tukang koran wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, ketemu kepopers lama.. tos dulu.
      Saya iri sama orang yang bisa dance, pernah coba tapi kaku banget. Akhirnya cari bakat lain yang bisa didikasikan untuk bias. oh iya, jadi ingat lagi dulu sempat hunting majalah yang ada cover grup kpopnya

      Hapus
  7. Kreatif sekali kk. Bnyak juga kegiatan seru yang bisa dilakukan bersama laptop ya. Nah aku yang dari dulu hingga skrg masih hal2 tertentu aja pake laptop kak. Tapi selama pandemi ini berubah drastis deh. Jadi lebih sering melakukan kegiatan dgn laptopnya, hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih ulfah.
      Yup, laptop udah jadi benda kesayangan kedua setelah HP.
      Ya, saat pandemi, kita jadi lebih banyak berakfivitas dengan laptop.

      Hapus
  8. Produktif sekali... Sebagian besar kegiatan saya masih dilakukan di ponsel... Mulai dari ngeblog, ngedit foto video, belanja online, sampai nonton semua di ponsel... Soalnya bisa sambil rebahan, hihihi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih kak, terlihat produktif tapi percayalah, semuanya dilakukan saat ada mood :)
      Aduh, HP terlalu kecil, saya masih enggak puas nonton di HP heheh.

      Hapus
  9. Betul mba, setuju sekali. Rasanya laptop sudah menjadi kebutuhan ya, apalagi di masa pandemi ini dimana lebih banyak kegiatan dialihkan secara online.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya mba, laptop semacam salah satu penyelamat di saat pandemi.

      Hapus
  10. Saya ada laptop tapi lagi rusak. Jadi sekarang balik ke ponsel. Sebenarnya pakai laptop itu lebih lega soal layarnya. Kalau edit-edit video juga enak

    BalasHapus
    Balasan
    1. HP memang udah canggih, minusnya layar kecil dan memory juga kecil.

      Hapus
  11. Wah aku tertarik dg kerjaan mbak menerjemahkan , ada ya ternyata. Mbak multitalent. Keren.

    Laptop udah bukan barang mewah ya, apapgi skrg udah macam seperangkat kebutuhan di dunia pendiidkan pun lainnya.

    Mbak produktif banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya mba, iseng nerjemahin video di Youtube, hehe.
      Benar banget, laptop udah bukan barang mewah tapi kebutuhan dasar apalagi untuk blogger.
      Makasih mba..

      Hapus
  12. Aku sendiri masih pakai PC dengan windows 7 wkwkwkk... kami beli laptop untuk PJJ anak-anak. Awalnya nanti mau minjem aja punya anak2 kalau pas mereka off. Ternyata mereka hampir nggak peenah off, haha.. yaudah... emak ngalah pakai PC tua yang tetap bersahaja, ngeblog, edit foto, riset, dll dst dsb lah. Tapi masih jauh lah sama mbak Dilla sampai ke subtitle segala, keren?

    BalasHapus
  13. Buat logonya pakai apps apa kak? btw itu hasilnya bagus lho

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih kak, saya cuma bisa adobe photoshop, jadi bikin logo di sana.

      Hapus
  14. Kurang lebih sama, untuk beberapa aktivitas seperti menonton film dan edit video saya juga lebih senang memakai laptop.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau saya, edit video wajib banget pake laptop, kecuali video untuk tiktok, masih bisalah diedit pakai HP.

      Hapus
  15. Aku suka nonton drakor di laptop kak, biar lebih jelas wajah oppa-oppa ganteng. Wkwkwkk

    Untuk pekerjaan kita sebagai blogger emang gak bisa jauh-jauh dari laptop ya kak. Makanya ini aku sayang-sayang nih laptopku walaupun udah jadul. Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, biar wajah gantengnya kelihatan. Trus kalau nonton drama di HP, layarnya juga agak penuh sama subtitle jadi mengganggu pemandangan.

      Hapus
  16. Blogging memang jadi kegiatan yang mengasikkan di masa sekarang. Nggak hanya buat kerja tapi juga buat merefleksikan diri serta bisa membuat tulisan yang bermanfaat buat orang banyak

    BalasHapus
  17. seperti nya kegiatan selama masa pandemi kita sama kak. saya juga seperti ini melewati hari-hari dimasa pandemi. tak dapat bertemu dan bercanda dengan teman.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya pak, jadi kangen silaturrahmi dengan teman-teman.

      Hapus
  18. klo saya bekerja sehari-hari menggunakan laptop plus main PS tapi beda laptop..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, sebaiknya laptop untuk pekerjaan dan laptop khusus untuk game dibedain yah.

      Hapus