The Yeosu Day Sea at Odong Island

The Yeosu Day Sea
There is a beautiful story underneath the sunlight


Kalau Busker Busker punya lagu berjudul 여수 밤바다 (Laut Malam Yeosu), nah kalau kita punya kisah 여수 바다 (Laut Siang Yeosu) *maksa banget :D

Waktu itu saya sangat suka dengan lagu Busker Busker yang judulnya 여수 밤바다 (Baca : Yeosu Bam Bada). Lagunya release sejak spring-summer 2012 beriringan dengan Yeosu Expo yang berlangsung di kota Yeosu yang terletak di bagian selatan negara Korea Selatan. Yeosu Expo adalah expo besar bertemakan dunia bahari yang melibatkan banyak Negara, banyak pertunjukan yang diadakan, banyak stand perusahaan terkenal dan juga stand negara-negara dari hampir seluruh dunia. 

Saya yang waktu itu berada di Pohang amat ingin melihat Yeosu Expo, harus menghadapi kendala tidak ada teman-teman Pohang yang mau ke Yeosu karena katanya jauh dan harga tiketnya mahal. Akhirnya saya nekat pergi sendiri karena menganggap ini adalah acara yang hanya dilaksanakan sekali dan tentu menjadi kesempatan langka. Apalagi saya kebetulan sedang berada di Korea, tentu lebih mudah menjangkaunya.

Namun apesnya, sejak berangkat dari Pohang hingga kembali ke Pohang hujan turun seharian. Alhasil saya ke Gwangyang (kota yang dekat dengan Yeosu) cuma berkunjung di 송죽 아파트 (Songjuk Apartment) nya Gina dan Ipit yaitu teman saya yang ditugaskan di kota Gwangyang. Mungkin emang tidak jodoh yah, walaupun diusahakan tapi karena kata Allah tidak, ya tidak.

Kembali ke lagu 여수 밤바다 (Yeosu Bam Bada), lagunya slow dan easy listening. Inti liriknya adalah tentang seseorang yang ingin menikmati dan berjalan di pinggir laut malam Yeosu dengan seseorang yang dicintai.



Sekian intermezzo mengenai Yeosu dan lagu Busker Busker yang judulnya 여수 밤바다 (Yeosu Night Sea) yang intinya sejak musim panas saya ingin ke pantai Yeosu namun gagal.

Musim berganti dan finally saya bisa mengunjungi Yeosu pada musim gugur dengan mas Diyan. Kami memutuskan untuk jalan-jalan ke 오동도 (Odong Island) yang berada persis dekat area Yeosu Expo. Walaupun kita ke Odong Island tapi entah kenapa saya merasa laut yang dimaksud dalam lagu 여수 밤바다 (Yeosu Bam Bada) itu adalah laut di Odong Island.

Foto di atas adalah foto saya di Odong Island, di sebelah kanan foto terlihat jembatan penghubung kota Yeosu dan pulau Odong. Bangunan besar di belakang itu adalah hotel mewah yang mendukung acara Yeosu Expo. Saat spring-summer sih ramai, tapi sekarang di akhir musim gugur sudah kosong T_T hmm gpp deh yang penting, kali ini saya bisa menikmati laut siang Yeosu dengan 특별한 남자 :)


Sekarang mari kita fokus lagi membahas Odong Island. Saya mengetahui pulau ini dari Engineer Electric Power system yang mengurus tim kita (Batch ke-2 dari Tim Electric Power System). Ketika saya menanyakan tentang tempat wisata yang bagus di sekitar Gwangyang, dia menyarankan perjalanan ke 오동도-향일암 (Odong Island-Hyangillam) satu paket. Tapi akhirnya saya dan teman-teman setim mencoba jalan-jalan hanya ke 향일암 (Hyangillam) tidak mampir ke Odong Island. Teman-tmean  menganggap jalan-jalan ke dua tempat sekaligus dalam satu hari tidak cukup, selain itu banyak yang merasa Odong Island gitu-gitu aja alias tidak ada yang spesial.

(Silahkan baca kisah saya ke Hyanggilam di Suatu Hari di Pulau Kura-Kura)

Saya pribadi masih penasaran dengan Odong Island karena tragedi Yeosu di atas hehe, oleh karena itu saya dan mas Diyan merencanakan jalan-jalan berdua ke Odong Island. Perjalanan menuju Odong Island cukup , dari tempat tinggal naik taxi menuju 주마동 터미날 (Terminal Jungmadong) lalu naik bus menuju 여수 터미날 (Terimal Yeosu). Sesampai terminal Yeosu, kami berjalan keluar untuk mencari halte terdekat. Di sana melihat papan bus yang rutenya menuju Odong Island lalu tingga menunggu bus tersebut datang.

Welcome to Odong Island

Sebenarnya pulau ini hanya pulau kecil biasa yang masih sangat hiaju. Sama seperti postingan saya sebelumnya tentang Korea. Saya selalu bilang kalau objek wisata di Korea rata-rata hanya tempat biasa namun mereka bisa menyulapnya menjadi tempat wisata yang sayang jika tidak dikunjungi. 

Sekarang mari kita lihat apa yang bagus dari pariwisata di Odong Island!

- Ada beberapa papan yang bertulisankan puisi yang digantung di pagar kayu.


- Papan penunjuk arah/tempat . Hal seperti ini mungkin sudah benda wajib di setiap tempat wisata di Korea .

Pada foto ini terlihat papan yang berisi himbaukan untuk menjaga kebersihan (kiri foto)
dan papan bertuliskan puisi (kanan foto)


- VM di setiap anak tangga

Ternyata tidak hanya pabrik saja yang menggunakan VM (Visual Management) tetapi tempat wisata di Korea juga mengaplikasikan metode ini. Mereka memberi garis-garis kuning pada setiap anak tangga untuk menghindari safety accident sekaligus memperindah tangga itu sendiri.
Ketika kami jalan menelusuri pulau tiba-tiba ada orang Korea yang menawarkan diri untuk mengambil foto kami berdua. Mungkin karena dia melihat saya sedang jalan dengan mas Diyan sambil membawa kamera. Baik sih, tapi kami agak bingung dan sebenarnya sedang tidak mau difoto di tempat itu. Tapi masa menolak tawaran baik orang lain. Alhasil jadilah foto kami di tempat yang gelap karena banyak pohon yang menutup sinar matahari masuk.


- Dilengkapi dengan kamera cctv untuk mencegah safety accident di area berbahaya 



Di tempat seperti ini, baru deh kami menunggu orang yang kira-kira bisa diminta tolong untuk motoin. Bagus hasilnya~~ makasih bapak yang telah memfotokan walaupun salah fokus.


Setelah puas berdiri di batu karang melihat ke arah laut dan berfoto-foto, kita kembali masuk ke tengah pulau.



- Mereka juga memajang papan yang berisi tulisan mengenai salah satu objek wisata di dalamnya dan  tidak ketinggalan papan-papan penunjuk arah di setiap persimpangan jalan.

Setelah puas berkeliling di dalam pulau, kami lanjut jalan ke tepi pulau.

Di luar/bagian tepi pulau kami bertemu dengan maskot kota Yeosu ^^ Masing-masing punya nama tapi saya lupa nama mereka. Oh ya, dulu saat summer saya juga udah pernah bertemu mereka di kota Seoul, saat jaman-jaman heboh Yeosu Expo ( Kamu bisa baca kisahnya di Petualangan di Seoul).



Ntah kenapa kalau melihat foto saya yang di atas ini, jadi teringat lirik lagu 여수 밤바다 nya Busker Busker 
"너와 함께 걷고 싶다,,,이 바다를 너와 함께 걷고 싶어,,, 이 거리를 너와 함께 걷고 싶다,,, 이 바다를 너와 함께 걷고 싶어" ^^

- Di sekitar ini kita menemukan bangku taman yang lucu~

Ini saya belum siap,,sedang benerin kerudung...

Ada Kapal One Piece juga~~ tapi belum selesai masih tahap pembangunan kayaknya


Setelah itu kami keluar dari pulau melalui jembatan jadi tidak usah naik kapal untuk menuju daratan. 
Dari Odong Island kami lanjut menuju bekas Yeosu Expo, mana tau masih ada peninggalan-peninggalan sejarahnya kan, apalagi dulu itu saya ingin sekali melihat acaranya.

Menuju ex-Yeosu Expo kami mampir sebentar ke Hotel dekat sana tuk sekedar foto di halamannya. Halamannya unik, ada semacam rumput kuning?/jerami besar? yang disusun dan dibentuk lucu-lucu. Kreatif yah!!



Bagaimana cerita saya & mas Diyan di ex-Yeosu Expo?? Apalagi hal menarik yang kami temukan disana? Saya akan ceritakan di postingan berikutnya. ^^

Lanjutan postingan bisa baca di Playing Around at The Alive Museum

Location : 오동도, 여수시 (Odongdo, Yeosu , Korea)
Time : 13 January 2013

No comments:

Powered by Blogger.