CHOCODILLA BLOG ACHIEVEMENTS & AWARD 2022

Assalamualaikum.
Halo Semuanya!!

Selamat datang di tahun 2023!!

Pada awal tahun lalu, untuk pertama kali saya membuat rangkuman pencapaian blog selama tahun 2021. Sebuah catatan untuk diri sendiri supaya lebih bersemangat ngeblog sekaligus mengapresiasi apa yang telah dilakukan.

Sekarang sudah memasuki tahun 2023 dan saatnya saya merangkum pencapaian blog selama tahun 2022. Apakah ada peningkatan atau malahan mengalami penurunan?

Well, mari kita lihat pencapaian blog ini selama tahun 2022 berdasarkan Google Search Console dan Google Analytics.



CHOCODILLA BLOG ACHIEVEMENTS & AWARD 2022



#CHOCODILLA BLOG ACHIEVEMENTS IN 2022

Berikut pencapaian selama tahun 2022 berdasarkan 7 item dan tertera angka pada tahun 2021 di dalam kurung [  ] sebagai perbandingan.

1. Jumlah Artikel : 71 [34]
2. Total Pageviews :  32589 [12039]
3. Total Clicks : 17,1K [3450]
4. Total Impressions : 721K [129K]
5. Organic Search : 83,7% [96,7%]
6. Direct : 11,4% [19,9%]
7. Followers : 51 [40]

Senang sekali ternyata hasil di tahun 2022 lebih baik dari para tahun 2021, seperti jumlah artikel dan total pageviews naik dua kali lipat. Sementara total clicks dan impressions meningkat tajam. 

Oke, selanjutnya pengumuman award ala-ala untuk berbagai katagori seperti berikut :


#CHOCODILLA BLOG AWARD 2022


1. Artikel Terpopuler



Merupakan artikel yang dipublish pada 5 Februari 2022 mengenai review kafe yang super instagenic di Bukittinggi. Kafe ini resmi dibuka pada akhir tahun 2021 dan kebetulan lokasinya di dekat rumah, sehingga saya tertarik mengunjunginya.

Kafe ini cukup viral di media sosial dan memang selalu terlihat ramai saat saya melewati kafe yang mengusung tema minimalis ini.

Tak hanya ramai di dunia nyata, artikel mengenai Foresthree juga ramai pengunjung. Setiap bulan artikel berjudul [Review] ForesThree Coffee & Kitchen X Kalis - Cafe Hits & Instagenic di Bukittinggi sering masuk lima besar populer posts hingga menjadi artikel paling populer selama tahun 2022 dengan jumlah pageviews 2603 setara 7,99% dari pageviews keseluruhan blog.

Artikel terpopuler di posisi kedua adalah Pengalaman Klaim JHT BPJS Ketenagakerjaan Online Hanya Enam Hari dengan pageviews 2145 dan yang ketiga adalah [Review] Memudarkan Flek Hitam dengan Scarlett Glowtening Serum dengan pageviews 1462.


2. Kata Kunci WEB Terpopuler


Kata kunci WEB Terpopuler adalah kata yang diketik orang lain di situs pencarian seperti Google lalu membawa mereka mengunjungi blog ini melalui artikel yang muncul sesuai kata kunci tersebut. 

Berdasarkan Google Search Console, pada tahun 2022 kata kunci terpopuler adalah "Pengalaman Wawancara Online BPJS Ketenagakerjaan" 796 klik, "Foresthree Bukittinggi" 488 klik, "Review Serum Scarlett untuk Flek Hitam" 286 klik.

Kalau diperhatikan, kata kunci WEB terpopuler sesuai dengan tiga artikel terpopuler, cuma peringkatnya saja yang sedikit berbeda.


3. Kata Kunci Image Terpopuler


Kata kunci Image adalah kata yang diketik orang lain di situs pencarian yang membawa mereka mengunjungi blog ini melalui gambar, dengan kata lain kata yang digunakan orang untuk mencari gambar dan ternyata gambar tersebut ada di blog ini.

Ternyata kata kunci image pada tahun 2022 didominasi oleh Bukittinggi yaitu "Foresthree Bukittinggi" 191 klik, "Foresthree Coffee Bukittinggi" 54 klik dan "Kebun Binatang Bukittinggi" 47 klik.




4. Bulan Paling Produktif


April = 22 artikel

Selama tahun 2022, blog ini berhasil menelurkan 71 artikel, dan bulan yang paling produktif adalah bulan April. Rahasianya adalah pada bulan tersebut saya mengikuti tantangan menulis dari Blogger Perempuan yang berjudul "BPN 30 Day Ramadan Blog Challenge".

Challenge tersebut adalah acara rutin yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan di setiap bulan Ramadan. Walaupun sudah lama bergabung dengan BPN, namun tahun 2022 kali pertama saya mengikuti tantangan menulis selama 30 hari.

Alhamdulillah saya bersama blog ini berhasil meraih posisi tiga besar dari sekian banyak blogger yang berpartisipasi.


5. Bulan Pageviews Terbanyak


Desember 4243 views.

Selama 2022 total pageviews blog ini adalah 32589 yang berarti rata-rata pageviews setiap bulan adalah 2,7K . Ternyata bulan Desember berhasil menarik banyak pengunjung bahkan hampir dua kali lipat jumlah rata-rata.

Peringkat kedua diduduki oleh bulan Oktober dengan 3159 pageviews dan peringkat ketiga adalah bulan September yaitu 3059 pageviews.


6. Kategori Terbanyak


Sebenarnya agak susah melihat katagori atau label di blog ini secara satu per satu apalagi ada label yang sangat umum. Misalnya "tips", kadang label ini bergabung dengan label culinary, small business atau traveling.

Oleh karena itu untuk ringkasan selama 2022 saya coba membuat klasifikasi yang lebih jelas seperti Crafting, Small Business, Travelling, Beauty, Culinary dan Blogging

Pada tahun 2022, hal yang paling banyak saya bahas adalah tentang Beauty, Culinary dan Blogging yaitu masing-masing sebanyak 9 artikel. 

Sementara hal yang paling banyak dibahas selanjutnya adalah tentang Travelling, Personal dan Small Business yaitu masing-masing sebanyak 8 artikel.

Padahal pada header blog, saya masih menuliskan "Lifestyle & Travel Blogger". Ternyata tema travelling kalah dengan tema beauty. Ah, tahun 2023 harus banyak piknik nampaknya, hehe.



7. Artikel Terfavorit


Katagori "Artikel Terfavorit" belum ada sebelumnya dan tahun ini saya ingin memilih sendiri artikel terfavorit.

Agak susah susah sebenarnya karena bagaimanapun saya menyukai semua tulisan sendiri di blog ini. Tapi kalau harus memilih satu maka saya ingin menunjuk "[REVIEW] Make Over Kamar Menjadi Tema Monochrome dengan Nippon Spot-less" sebagai artikel terfavorit.

Jujurly itu adalah sponsored post bersama Nippon Paint. Selain senang karena diajak bekerja sama, ini sudah impian dari dulu ingin mengecat ulang kamar dengan warna putih untuk kebutuhan foto produk.

Jadi semacam sekali dayung tiga pulau terlewati , saya mendapatkan produk cat secara gratis, kamar menjadi bagus dan mendukung kegiatan foto produk plus mendapatkan uang dari tulisan yang saya publish di blog.

Dan yang paling berkesan adalah saya sendiri yang mengecat kamar. So bisa dibilang artikel ini penuh dengan cucuran keringat, hehe.


***

Berikut lampiran dari Google Analytic dan Google Search Console :


-Laporan Google Analytics blog Chocodilla di tahun 2022




-Laporan Google Search Console blog Chocodilla di tahun 2022



***

Demikian ringkasan performa sekaligus pencapaian blog www.chocodilla.com selama tahun 2022.
Senang, terharu dan bangga karena terjadi banyak peningkatan dibandingkan tahun 2021. Padahal sebelumnya performa tahun 2021 sudah paling produktif selama sepuluh tahun lebih blogging.

Paling berkesan ketika saya berhasil mengikuti tantangan menulis 30 hari selama bulan Ramadan berdasarkan tema yang telah ditentukan oleh BPN. Memang kalau dipaksakan pasti bisa menulis setiap hari.

Selain itu, tahun 2021, alhamdulillah, banyak tawaran kerja sama dengan brand atau advertiser. Merasa terhormat bisa dipercayakan oleh brand terutama brand kosmetik untuk mengulas produk mereka padahal niche blog ini bukan "beauty" 100%.

Still, dibandingkan dengan blog lain, blog ini masih belum ada apa-apa baik itu dari segi kualitas maupun kuantitas artikel. Namun saya bangga karena lebih baik dari pada tahun sebelumnya.

Terima kasih kepada teman-teman yang telah mampir dan memberikan komentar positif pada artikel yang saya tulis. Terima kasih juga kepada pihak-pihak yang telah mengajak saya bekerja sama. Tak ketinggalan, terima kasih kepada orang-orang yang sudah bantu share blog ini ke media sosial lain.

Semoga di tahun 2023 saya bisa menulis lebih banyak dan lebih berkualitas.

xoxo
dila

1 comment:

  1. congrats mbak untuk pencapaian internalnya di dalam blog ini
    challengen BPN kemarin memang bikin aku tertantang, awalnya ragu terus coba ikutan dan ternyata berhasil juga

    ReplyDelete

Powered by Blogger.