3 Hal Menarik dari Piala Dunia FIFA 2022 bagi Non Pecinta Sepak Bola

Kamis, 24 November 2022

3 Hal Menarik dari Piala Dunia FIFA 2022 bagi Non Pecinta Sepak Bola


Assalamualaikum 
Halo apa kabar semuanya~

20 November 2022 menjadi hari yang ditunggu-tunggu oleh para pecinta sepak bola di seluruh dunia, pasalnya turnamen sepak bola internasional empat tahunan ini resmi diselenggarakan dengan sangat meriah di negara Qatar.

Euforia FIFA World Cup Qatar 2022 tidak hanya dirasakan oleh pecinta sepak bola yang mana didominasi oleh kaum pria, namun juga dirasakan oleh wanita yang bukan pecinta sepak bola seperti saya.

Mungkin ini adalah opini pribadi namun saya yakin banyak yang setuju mengenai beberapa hal yang membuat non pecinta sepak bola tertarik pada Piala Dunia FIFA 2022 yang diselenggarakan di Qatar.



3 Hal Menarik dari Piala Dunia FIFA 2022 bagi Non Pecinta Sepak Bola 



1. Pertama Kali Diselenggarakan di Negara Islam yaitu Qatar


Qatar ditunjuk oleh FIFA menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA 2022 yang diselenggarakan pada 20 November hingga 18 Desember 2022. Ini menjadikan Qatar sebagai negara islam pertama, serta negara Asia kedua yang menjadi tuan rumah turnamen sepak bola dunia yang sudah diselenggarakan selama 21 kali sejak tahun 1930. (Fyi : tahun 2002 diselenggarakan di Korea Selatan & Jepang)

Sebagai umat islam saya merasa bangga dan salut melihat Qatar yang teguh memegang syariat islam tak terkecuali selama perhelatan Piala Dunia 2022 ini. Terlihat dari beberapa peraturan yang diberlakukan oleh pemerintah Qatar kepada pemain bola dan penonton yang datang ke negara mereka.

Beberapa peraturan Pemerintahan Qatar yang perlu dipahami oleh wisatawan yang datang untuk menonton Piala Dunia 2022 :


1. No Alcohol
Dilarang mengkonsumsi minuman keras di area publik seperti di dalam stadium. Alkohol hanya bisa diminum di dalam hotel atau restoran yang sudah mendapatkan izin.

2. No LGBT
Qatar sangat menentang LGBT karena bertentangan dengan ajaran islam. Oleh karena itu, segala bentuk kegiatan maupun atribut LGBT seperti logo pelangi dilarang digunakan di Qatar.

3. Harus berpakaian sopan.
Perempuan tidak wajib mengenakan hijab, namun harus berpakaian sopan seperti tidak memperlihatkan area dada, bahu dan lutut. Selain itu pria juga dilarang membuka baju di area publik seperti stadium.

Di atas adalah 3 aturan yang paling banyak menuai kontra dari orang asing terutama orang amerika dan eropa. Namun bagi orang Indonesia yang mayoritas beragama islam, sangat setuju dan mendukung  pemerintah Qatar dalam menegakkan syariat islam di negara mereka.

Mural Hadist Nabi di Qatar
Mural Hadist Nabi di Qatar - sumber foto : About Islam

Selain aturan di atas, Qatar juga menunjukkan keindahan agama islam dengan melakukan beberapa hal seperti :

- Membuka Piala Dunia dengan pembacaan ayat suci Al-Quran
- Memasang mural hadist nabi Muhammad S.A.W di beberapa tempat strategis
- Menyediakan fasilitas wudhu dan tempat shalat di area stadium
- Memperkenalkan ajaran islam / informasi tentang islam melalui barcode yang ada di hotel




2. BTS Jungkook Menyanyikan Soundtrack Resmi Piala Dunia FIFA 2022


Piala Dunia FIFA 2022 tidak hanya ditunggu oleh pecinta sepak bola namun juga mencuri perhatian K-Popers karena dipilihnya Jungkook member BTS sebagai penyanyi salah satu lagu resmi Piala Dunia FIFA 2022.

Lagu itu berjudul "Dreamers" dinyanyikan oleh Jungkook bersama penyanyi Qatar bernama Fahad Al Kubaisi. Menurut saya lagu ini bagus sekali, melodi dan liriknya sangat indah. Suara Jungkook yang angelic menyanyikan lirik berbahasa Inggris sangat cocok dipadukan dengan suara merdu Fahad yang menyanyikan lirik berbahasa arab.

FIFA makin memanjakan K-Popers khususnya ARMY dengan memberikan kesempatan bagi Jungkook & Fahad untuk menyanyikan langsung lagu Dreamers pada pembukaan piala dunia 20 November 2022. 

Jujur sebagai K-Popers yang kebetulan ARMY (nama fans BTS) dan ultimate bias Jungkook, saya amat senang dan bangga mengetahui Jungkook menyanyikan soundtrack piala dunia. Terima kasih kepada FIFA yang sudah memilih Jungkook.

Tonton MV Dreamers di sini dan penampilan Jungkook menyanyikan lagu Dreamers di pembukaan World Cup FIFA 2022 Qatar di sini :







3. La'Eeb - Maskot Piala Dunia FIFA 2022


Setiap momen piala dunia selalu ada maskot yang biasanya menjadi ciri khas negara tuan rumah. Maskot Piala Dunia FIFA 2022 di Qatar kali ini bernama La'Eeb.

La'Eeb berbentuk sorban berwarna putih yang merupakan penutup kepala bagi pria khas pakaian orang arab. La'Eeb berasal dari bahasa arab yang bermakna pemain dengan kemampuan super.

La'Eeb mencuri perhatian banyak orang karena bentuknya yang menggemaskan. Ada yang bilang kalau La'Eeb adalah casper versi halal dan ada juga yang bilang mirip boneka mamypoko.

Saya pribadi suka sekali melihat La'Eeb karena benar-benar lucu. Dan ternyata banyak ARMY yang merasa La'Eeb mirip dengan Jungkook. 

La'Eeb Maskot Piala Dunia FIFA 2022
Penampilan La'Eeb di Pembukaan Piala Dunia Qatar 2022

Jungkook & La'Eeb
La'Eeb & Baby Jungkook

Itulah 3 hal yang membuat saya yang bukan penggemar bola namun menjadi tertarik dengan Piala Dunia FIFA 2022 di Qatar.

Semoga turnamen sepak bola tahun ini berjalan lancar dan aman. Dan semoga pemenangnya dari negara Asia, hehe,

Sekian opini dari saya tentang Piala Dunia FIFA 2022, maaf jika ada salah tulis yah.

xoxo
dila

2 komentar:

  1. Kok kepikiran ajaaa nyari foto masa kecil Jungkook terus dibandingain sama La'Eeb wkwkwkwk. Iya lho maskotnya lucu banget bisa terbang kayak Casper hahahaha.
    Aku kemarin nonton yang video Jungkook nyanyi itu mba Dila. Sebelumnya ada orang disabilitas yang baca ayat suci Alquran, bikin aku merinding. Walaupun event-nya untuk non-disabilitas tapi performernya tetep ada yang disabilitas.
    Untuk penegakan aturan-aturan Islam selama perhelatan Piala Dunia di Qatar juga bikin aku salut sih. Bener-bener ditegakkan dan yang datang juga menurut aku harus memegang prinsip di mana bumi dipijak di situ langit dijunjung. Banyak banget kemarin aku baca-baca di Twitter tentang pro dan kontranya, bahkan sampai topiknya melebar dan bikin perbandingan yang nggak apple to apple. Seru bacanya. xD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo endah~
      Iya, fans emang banyak yang bermata elang. Ada aja penemuan dan cocokloginya. Maskot La'Eeb emang gamas banget.
      Iya, aku respect banget sama Qatar, mereka memberikan kesempatan untuk disabilitas untuk merasakan megahnya Piala Dunia, dan kalau enggak salah dijadikan BA/Duta piala dunia Qatar deh.
      Orang barat pada culture shock, dan memang harus menghormati tuan rumah. Engga bisa seenaknya. Iya, mereka mempermasalahkan aturan Qatar yang padahal tidak mengganggu mekanisme pertandingan sama sekali. Mereka lupa kalau itu adalah ajang pertandingan sepak bola, bukan untuk minum2 hura2 apalagi kampanye pel*ngi

      Hapus