7 Resolusi Blog di Tahun 2022

Jumat, 29 April 2022

7 Resolusi Blog di Tahun 2022


Assalamualaikum
Halo, apa kabar semuanya~

Dulu saya sering membuat resolusi blog atau harapan sebagai artikel pembuka di momen pergantian tahun. Namun tahun ini saya menulis artikel yang berjudul CHOCODILLA BLOG ACHIEVEMENTS & AWARD 2021 sebagai bentuk laporan pencapaian blog jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Walau demikian nampaknya tetap saja kurang jika belum menulis resolusi blog. Resolusi blog maknanya sebagai doa dan harapan dan bisa dijadikan pengingat serta pemacu semangat agar dapat mengelola blog lebih baik dan terarah.


7 Resolusi Chocodilla Blog di tahun 2022



1. Konsisten Menulis Artikel


Artikel sudah seperti nyawa bagi blog, sebagus apapun template blog atau semahal apapun nama domain, jika tidak ada isinya maka seperti blog mati dan orang tidak akan datang untuk berkunjung.

Tahun lalu tercatat ada 34 artikel di blog ini yang berarti sekitar 2 hingga 3 artikel terbit setiap bulannya. Pada tahun 2022 saya ingin meningkatkan jumlahnya menjadi minimal 4 artikel perbulan atau totalnya 48 artikel. 

Semoga bisa mencapai target atau lebih. Sepertinya sih lebih, karena pada bulan Ramadan ini saja saya sudah ikut tantangan menulis 30 hari, hehe.


2. Membersihkan Broken Link


Selain rajin mengisi blog, hal yang ingin dilakukan adalah rajin membersihkan blog dari semua broken link termasuk merapikan gambar.

Istilah broken link baru saya pahami di tahun 2021 dan cukup kaget ternyata ada banyak tautan bermasalah di blog ini, baik karena faktor internal dan eksternal.

Hingga saat ini sudah berupaya membersihkan broken link dan mungkin tetap akan muncul di masa mendatang. Oleh karena itu saya ingin rajin mengecek dan membersihkan tautan bermasalah demi meningkatkan performa blog.



3. Rewrite Artikel Lama


Sebagai salah satu upaya konsisten menulis sekaligus meningkatkan kualitas tulisan di blog ini, saya ingin mengecek tulisan lama, memperbaiki dan menerbitkannya kembali.

Kadang artikel lama itu memiliki tema atau inti cerita yang bagus namun cara penulisannya masih buruk. Jadi ini semacam kegiatan upcycle di dunia blog, dari pada menghapus artikel lama yang dianggap memalukan.

Saya berharap bisa rewrite tulisan lama minimal 1 artikel per bulan.


4. Membalas Semua Komentar


Hal yang menyenangkan bagi blogger adalah jika ada orang yang berkunjung dan membaca artikel di blog, namun akan lebih bahagia jika ada komentar positif maupun saran.

Saya berharap di tahun ini tidak sekedar bahagia membaca komentar namun juga bisa membalasnya. Kadang terlalu pusing menulis artikel hingga tidak sempat membalas komentar dari pembaca atau teman blogger lainnya.



5. Ikut Blog Challenge/Competition


Kegiatan blogging yang dari dulu ingin saya rutinkan adalah mengikuti Blog Challenge ataupun Competition. Memang kegiatan seperti ini berat namun manfaatnya cukup besar. Salah satunya yaitu melatih kemampuan menulis sesuai tema yang diberikan.

Alhamdulillah sekarang sudah mulai mencoba tantangan menulis 30 hari selama Ramadan dari komunitas Blogger Perempuan, semoga saya bisa melewatinya.


6. Rajin Share Artikel di Social Media dan Komunitas


Ingat sekali dulu rasanya malu membagikan tulisan blog ini ke media sosial karena saya menganggap blog ini benar-benar sebagai diari digital.

Sekarang tujuan menulis sudah berubah yaitu untuk berbagi informasi dari opini atau pengalaman pribadi, dan berharap blog ini bisa dikenal banyak orang sehingga saya malah semangat membagikan tulisan di media sosial lainnya.

Pada tahun 2022, saya berharap semakin rajin membagikan tulisan baru ke semua komunitas blog dan media sosial seperti Twitter, Instagram, Facebook dan Pinterest.


7. Aktif Blog Walking 


Untuk bisa dikenal orang banyak tentu kita harus mau mengenal orang-orang juga. Oleh karena itu, pada tahun 2022 saya berharap bisa lebih rajin blog walking alias bertama ke blog lainnya.

Manfaatnya bisa mengenal banyak teman-teman blogger sekaligus belajar dari tulisan mereka. Alhamdulillah saya sudah bergabung dengan beberapa komunitas blogger sehingga bisa mengenal banyak blog untuk dikunjungi.



Demikianlah 7 resolusi atau harapan di tahun 2022, walaupun tulisannya ini baru dibuat hampir di pertengahan tahun, semoga bisa dilaksanakan dengan semangat dan berhasil memenuhinya.

***

Tulisan ini dibuat untuk 30 Day Ramadan Challenge 2022 oleh Blogger Perempuan Network dengan tema Doa dan Keinginan di Tahun ini.

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca blog saya.

xoxo
Dila

Tidak ada komentar

Posting Komentar