Overnight Oats, Sahur Praktis dan Bergizi untuk Anak Kos

Selasa, 12 April 2022

Overnight Oats, Sahur Praktis untuk Anak Kos


Assalamualaikum.

Halo semuanya, masih kuat puasa kan?
Asalkan sudah sahur dengan makanan bergizi, insyaallah puasanya kuat hingga Magrib nanti.

Berbicara tentang sahur, saat bulan Ramadan ini sepertinya orang-orang lebih semangat makan saat Magrib atau berbuka puasa dari pada makan sahur di malam hari. 

Banyak yang skip sahur terutama anak kos karena tidak sempat membeli makanan, repot memasak ataupun memang malas makan sendiri. Padahal sahur itu penting sebagai cadangan energi. Selain itu sahur merupakan sunnah yang dianjurkan oleh Rasulullah S.A.W yang berarti berpahala jika dikerjakan.

Mulia sekali yah agama Islam, makan sahur aja bisa mendapatkan pahala!

Overnight Oats, Sahur Praktis untuk Anak Kos


Nah, bagi anak kosan yang ingin sahur tapi tidak ingin repot memasak, saya punya inspirasi menu yang mudah dibuat namun sangat bergizi dan mengenyangkan yaitu Overnight Oats.

Saya pertama kali kenal overnight oats dari teman satu kontrakan. Saat itu dia ingin diet sehat dengan cara rutin berolah raga dan mencari menu-menu makanan sehat namun tetap enak.

Sayapun ikut-ikutan teman melakukan diet supaya dia semangat (baca:karena emang ingin langsing juga). Dari beberapa menu diet yang dibuat, overnight oats menjadi favorit saya. Awalnya kami membuatnya sebagai sarapan pagi, lalu tiba-tiba saya berpikir "Sepertinya boleh juga nih overnight oats dijadikan menu sahur!"

Selain rasa yang enak dan mengenyangkan, cara pembuatan overnight oats sangat mudah! Tanpa dimasak sama sekali, jadi ini memang menu sarapan/sahur yang cocok untuk anak kos.

Makin penasarankah? Baiklah, saya akan spill bahan dan cara pembuatan overnight oats.



Resep Overnight Oats untuk Menu Sahur ala Chocodilla


Bahan :

- Rolled Oats
Sebaiknya gunakan rolled oats daripada oats instan supaya hasilnya tidak terlalu benyak seperti bubur nasi. Tapi ini tergantung selera, jika kamu suka makan oats yang masih bertekstur maka gunakan rolled oats dan sebaliknya.

-Yoghurt
Saya menggunakan yoghurt plain yang kental. Boleh juga menggunakan yoghurt yang ada rasanya, yang penting yoghurt kental bukan cair

-Soy Milk atau susu soya
Dari resep yang kami temukan, dianjurkan memakai soy milk. Kurang tau apakah susu sapi bisa digunakan atau tidak, sehubung saya memang tidak suka susu sapi maka sampai sekarang selalu menggunakan soy milk.

-Topping : kacang almond
Kacang almond yang berbentuk irisan, kamu juga bisa gunakan kacang lain yang disukai.

-Topping : buah kering
Seperti kismis, kurma dan buah kering lainnya. 

-Madu
Jika menggunkaan yoghurt plain sebaiknya tambahkan madu supaya ada rasa manis.  

-Bubuk kayu manis
Kalau tidak suka bisa diskip.

* Bahan lainnya
Bisa menambahkan chia seed. Selain itu bisa menambahkan buah segar seperti potongan pisang, mangga dan strawberry saat akan menyantap overnight oats. 


Overnight Oats, Sahur Praktis untuk Anak Kos



Cara Pembuatan :

- Siapkan mason jar atau toples kaca yang ada tutupnya ukuran 8oz (236ml)
- Masukkan :
     - Rolled oat kira-kira setengah jar
     - 1 sdm kacang almond
     - 1 sdm kismis
     - 1 sdm madu
     - 1 setengah sdm yoghurt
- Taburkan bubuk kayu manis secukupnya
- Tuangkan susu hingga hampir penuh
- Aduk rata, tutup jar dengan rapat dan masukkan ke dalam kulkas.
- Diamkan semalam minimal 3 jam

Keterangan : sdm = sendok makan

Jika ingin menambahkan buah segar, bisa ditambahkan jika oats sudah disimpan semalaman di kulkas. Potong buah secukupnya, tambahkan ke atas oats dan siap disantap.

Jika porsi di atas dirasa kurang banyak, kamu bisa menggunakan wadah yang lebih besar misalnya mason jar ukuran 16 Oz. Dan  takarannya bisa sesuaikan.


Bagaimana, mudah kan membuat overnight oats?

Tidak perlu dimasak, cukup masukkan semua bahan, aduk, simpan di kulkas semalaman dan tinggal dinikmati. Cocok sekali untuk sarapan ataupun sahur khususnya bagi anak kosan yang mageran tapi ingin tetap sehat.

Menurut saya, bahan utama overnight oats adalah oats, yoghurt dan susu. Selebihnya bisa dikreasikan sendiri. Saya pernah menambahkan selai kacang, parutan cokelat dan selai strawberry.

Sekarang mari kita lihat apa saja manfaat dari Overnight Oats sehingga pas dikonsumsi saat sahur untuk persiapan puasa.

Manfaat Overnight Oats untuk Sahur


1. Komposisi nutrisi yang baik
Oatmeal merupakan sumber karbohidrat dan serat yang baik, serta memiliki protein dan lemak yang lebih tinggi dibandingkan biji-bijian lainnya. Sehingga baik sekali sebagai makanan bernutrisi tinggi di saat sahur.

2. Melancarkan pencernaan
Oat dan yoghurt sama-sama berperan dalam meningkatkan bakteri baik di dalam saluran pencernaan. Sehingga pencernaan dalam tubuh tetap sehat dan lancar saat puasa.

3. Membantu menurunkan berat badan
Kebanyakan orang berharap bisa langsing saat puasa namun faktanya berat badan malah cenderung naik karena terlalu banyak makan saat berbuka dan tidur kembali saat sahur. Sebaiknya konsumsi overnight oats sebagai makanan sehat yang dapat mengurangi jumlah asupan kalori serta membantu menurunkan berat badan.

4. Mudah dibuat dan praktis disajikan
Kita tidak memiliki waktu yang banyak saat sahur, apalagi kalau bangunnya telat. Maka overnight oats menjadi pilihan menu praktis yang siap disantap.


Setelah mengetahui cara membuat hingga manfaatnya, saya yakin banyak anak kosan atau para wanita yang ingin coba makan overnight oats saat sahur. Semoga berhasil dan suka yah!

Selamat berpuasa!

Overnight Oats, Sahur Praktis untuk Anak Kos


***


Tulisan ini dibuat untuk 30 Day Ramadan Challenge 2022 oleh Blogger Perempuan Network dengan tema Menu Sahur Praktis.

Terima kasih sudah visit dan membaca blog saya.

xoxo
Dila


Referensi: 
  • https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3604102/overnight-oats-sarapan-sehat-kaum-urban
  • https://natalixia.com/2014/11/25/resep-overnight-oats/


2 komentar:

  1. Wah jadi ngilerrrr, aku juga suka banget sama overnight oats <3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, lihat gambarnya aja ngiler.
      Makasih udah mampir kak.

      Hapus