[THROWBACK] Merayakan Ulang Tahun di Korea - Pohang

Rabu, 10 Juli 2024


Assalamualaikum
Halo semuanya, apa kabar?

Salah satu hal yang berkesan dalam hidup saya adalah merayakan ulang tahun di Korea. Momen ini terjadi pada tahun 2012 lalu saat tinggal di kota Pohang-Korea dalam rangka perjalanan dinas.

Bisa dilihat kejadiannya sudah lama sekali dan sebenarnya saya sudah menceritakan kisah ini di blog. Namun kalau dibaca-baca, tulisan saya dulu itu tidak rapi, gaya penulisan terlalu bebas dan ejaan banyak yang salah.

Oleh karena itu sebagai salah satu resolusi blog di awal tahun yaitu upcycle tulisan lama, maka saya ingin menulis ulang artikel tentang merayakan ulang tahun di Korea. Seharusnya artikel ini di-post pada bulan Juni supaya momennya pas, tapi nggak apa-apa, yang penting memenuhi resolusi blog, hehe.


Baiklah mari kita bernostalgia....

Selama ini (hingga tahun 2011) saya melewati pergantian umur di kota kelahiran yaitu Bukittinggi dan kota perantauan yaitu Depok. Dan selama ini pun jarang merayakan ulang tahun karena bukan tradisi keluarga.

Ditambah lagi ulang tahun yang bertepatan dengan liburan sekolah/kuliah membuat saya jarang mendapatkan surprise dari teman-teman. 

2012 menjadi tahun yang spesial karena saya merayakan pergantian umur di Korea bersama teman-teman kerja yang juga dikirim ke sana untuk pelatihan kerja. 


Sebenarnya perayaannya cukup sederhana yaitu makan-makan di sebuah restoran dekat dormitory. Yaitu restoran yang menjual ayam goreng krispi dengan saus khas Korea yang rasanya enak sekali. Bagi kamu yang sering nonton drama Korea, mungkin sudah tidak asing dengan Yangnyeom Chicken. Nah, seperti itulah menu yang dijual di restoran ini.

Selain makanannya enak, restoran ini sangat dekat karena berada di kawasan taman dormitory, yang mana di tengah taman terdapat kolam. Jadi pemandangan dari restoran ini adalah kolam dan taman yang dipenuhi pohon dan bunga.

Sebagai yang punya hajat, saya datang lebih awal untuk memesan makanan untuk 15 orang. Menu yang dipesan tentu saja paket ayam goreng krispi yang original dan saus pedas (Yangnyeom). Selain ayam, saya juga memesan makanan pelengkap, tapi lupa apa saja yang dipesan saat itu.

Sambil menunggu makanan dan menunggu teman-teman, saya sempat berfoto di sekitar taman dan kolam. Untung ada satu teman yang datang lebih awal dan kebetulan dia juga suka foto-foto, jadi momenya pas sekali!

Taman dan segala keindangannya

Saya suka sekali dengan area taman di sini. Terdapat banyak pohon hijau dan bunga cantik yang dilengkapi label nama. Ada jalur pejalan kaki untuk mengitari taman, dan disediakan juga bangku taman untuk beristirahat atau untuk sekedar menikmati pemandangan.

Di tengah taman terdapat kolam dan ada jembatan yang membelah kolam. Pada kolam terlihat bunga teratai yang menambah keindahan kolam. 

Pemandangan kolam di tengah taman

Salah satu yang paling unik di area taman ini adalah terdapat speaker di beberapa titik. Gunanya bukan untuk alat pengumuman namun untuk memutar musik. Jadi saat sendirian pun, pengunjung masih ditemani oleh musik saat berada di taman.

Kembali ke cerita perayaan ulang tahun. FYI, mostly teman kerja saya adalah laki-laki karena memang saya bekerja di perusahaan yang memproduksi baja. Makanya pada foto terlihat semuanya laki-laki. Namun ada satu perempuan, itupun dari departemen lain namanya mba Rani. Halo mba Rani, apa kabar?

Kita memilih makan di area luar supaya leluasa dan berisik!!

Sebenarnya perayaan ini dilakukan pada tanggal 6 Juni karena bertepatan dengan hari libur. Sehingga saya berencana membeli kue ulang tahun pada tanggal 7 Juni untuk perayaan ulang tahun tahap 2. Namun mendapat nasehat dari salah satu teman katanya "Nggak usah Dil, kuenya dimakan sendiri aja. Kalau sama teman-teman, mereka agak brutal dan nanti lo nggak dapat sama sekali".

Saya mendengarkan nasehat itu dan akhirnya menikmati kue ulang tahun berdua dengan mba Rani di dormitory perempuan. Btw maaf nggak bisa upload foto berdua dengan mba Rani, karena saat itu dia belum berjilbab. 


Dan sekian nostalgia momen perayaan ulang tahun di kota Pohang, Korea Selatan. Sebenarnya acaranya sama saja dengan perayaan ulang tahun orang-orang, namun yang membuat spesial adalah pertama kali merayakan ulang tahun di luar negeri, khususnya di negara favorit remaja saat ini yaitu Korea Selatan.

Bahkan sampai sekarang masih terasa harunya. Dan saya berharap tahun depan bisa merayakan ulang tahun di tempat yang spesial, di Korea lagi sih nggak apa-apa, atau mungkin di Jepang? Hehe... 

Location : Pohang City - South Korea
Date : 6 June 2012
Camera : Canon 

xoxo
Dila

1 komentar:

  1. Keren banget Dilla pernah ngerayain ultah di Korea. Beneran gak bakal terlupakan itu momennya 😁

    BalasHapus