3 Rekomendasi Tempat Ngabuburit di Bukittinggi

Selasa, 05 April 2022

Rekomendasi Tempat Ngabuburit di Bukittinggi


Assalamualaikum
Halo semuanya,

Setiap bulan Ramadan tiba ada beberapa istilah yang kembali menjadi tren, salah satunya adalah "ngabuburit".

Bedasarkan Wikipedia Indonesia, ngabuburit adalah kegiatan menunggu azan magrib menjelang waktu berbuka puasa saat bulan Ramadan. Kegiatan ngabuburit dapat berupa banyak hal, seharusnya kegiatan positif dan bermanfaat supaya tidak mengurangi pahala ibadah puasa.

Kegiatan ngabuburit yang umum dilakukan orang Indonesia seperti mengikuti kegiatan keagamaan, jalan-jalan, olah raga ringan, bermain, bercengkerama, mencari takjil, atau menghabiskan waktu di taman.

Sesuai kegiatan tersebut, tempat ngabuburit juga beragam, bisa di taman, masjid, pasar, mall ataupun hanya di rumah. Biasanya setiap kota atau daerah memiliki tempat ngabuburit favorit bagi masyarakatnya.

Tak terkecuali Bukittinggi, kota wisata yang berada di provinsi Sumatera Barat ini memiliki beberapa spot yang bisa dijadikan tempat ngabuburit menarik bagi warga sekitar. Sebagai orang yang lahir dan dibesarkan di Bukittinggi, saya memiliki beberapa rekomendasi tempat yang asik untuk ngabuburit.

Ada apa aja yah? yuk baca artikel ini hingga akhir.



3 Rekomendasi Tempat Ngabuburit di Bukittinggi



1. Lapangan Wirabraja Bukittinggi


Lapangan Wirabraja atau yang lebih dikenal dengan nama Lapangan Kantin merupakan salah satu lapangan terbuka yang berada di komplek Kodim 0304/Agam di Kota Bukittinggi.

Lapangan Kantin ini sangat mudah diakses karena posisinya persis di dekat jalan raya yaitu Jln. Sudirman dan di seberang kantor Walikota lama Bukittinggi.

Pada area Lapangan Wirabraja ini terdapat lapangan luas, area lari, lapangan basket, area panggung dan area untuk olah raga lainnya. Sehingga lapangan ini sering digunakan untuk kegiatan-kegiatan kemasyarakatan seperti pesta rakyat, penyuluhan, soasialisasi, lomba / kompetisi, olahraga, dan lainnya. Khususnya hari minggu, ada pasar kaget di sekeliling lapangan, sehingga banyak warga yang berkunjung untuk olah raga sekaligus berbelanja.

Oleh karena itu, lapangan Wirabraja ini bisa dijadikan tempat ngabuburit saat Ramadan. Di sini warga bisa melakukan olah raga ringan dengan bebas. Selain itu juga bisa membeli takjil di area khusus penjual makanan yang ada di dekat lapangan Kantin Bukittinggi.


Rekomendasi Tempat Ngabuburit di Bukittinggi
Pemandangan Lapangan Kantin yang diselimuti kabut saat Minggu Pagi


2. Perpustakaan Proklamator Bung Hatta


Bagi yang suka membaca buku, Perpustakaan Proklamator Bung Hatta menjadi pilihan yang tepat untuk ngabuburit saat Ramadan.

Perpustakaan ini merupakan salah satu kebanggaan masyarakat Bukittinggi, awalnya bernama Perpustakaan Umum Mohammad Hatta didirikan pada12 Agustus 1976 dan diresmikan langsung oleh Bung Hatta, bertepatan dengan hari ulang tahun Bung Hatta yang ke-74.

Perpustakaan Proklamator Bung Hatta terletak di Jl. Kusuma Bhakti, Kubu Gulai Bancah dan satu kawasan dengan kantor Walikota Bukittinggi. 

Selain bisa meminjam dan membaca buku, dari kawasan perpustakaan ini kamu bisa menikmati pemandangan kota Bukittinggi karena lokasinya berada di atas bukit.

Jika ingin ngabuburit di sini, sebaiknya datang lebih cepat karena perlu diketahui bahwa selama bulan suci Ramadan, jam operasional layanan Perpustakaan Proklamator Bung Hatta mengalami perubahan.

Jam operasional layanan pada hari Senin-Kamis menjadi pukul 08.00 - 14.30 WIB. sedangkan pada hari Jumat menjadi 09.00-15.00 WIB. Dan akhir pekan, dengan jam operasional seperti biasa pada pukul 08.00-15.00 WIB.

Ternyata ada layanan Perpustakaan Keliling di Lapangan Kantin yang berlangsung pada Sabtu-Minggu pukul 06.00-13.00 WIB.


Rekomendasi Tempat Ngabuburit di Bukittinggi
Pintu Masuk Area Perpusatakaan Proklamator Bung Hatta Bukittinggi

3 Rekomendasi Tempat Ngabuburit di Bukittinggi
Pemandangan kota Bukittinggi dari Area Perpustakaan - Dokumen 2017



3. Kawasan Jam Gadang-Pasa Ateh Bukittinggi


Tidak lengkap rasanya jika tidak menyebutkan kawasan Jam Gadang-Pasa Ateh sebagai tempat ngabuburit yang asik di kota Bukittinggi.

Jam Gadang adalah landmark kota Bukittinggi yang sangat terkenal, di area ini terdapat taman yang cukup luas dan bangunan Jam Gadang. Warga bisa ngabuburit di area taman Jam Gadang bersama teman atau keluarga.

Dari area Jam Gadang ini, bisa juga menikmati pemandangan kota Bukittinggi karena tempatnya memang lebih tinggi. Selain itu sebenarnya menuju area Jam Gadang, terdapat taman monumen Proklamator Bung Hatta. 

Dulu taman ini tertutup, sekarang sudah terbuka sehingga warga bebas masuk ke area taman untuk sekedar duduk atau berfoto dengan patung Bung Hatta.

Jika sudah puas duduk di taman monumen Bung Hatta atau taman Jam Gadang, kita bisa memasuki area Pasa Ateh (Pasar Atas) yang baru selesai dipugar pada tahun lalu. Di sini bisa berbelanja pakaian, oleh-oleh ataupun makanan untuk berbuka puasa nanti.

Tak jauh dari kawasan Jam Gadang, juga terdapat Kebun Binatang Kinantan Bukittinggi. Posisinya dekat dengan pintu parkiran Pasar Atas. Ngabuburit ke kebun binatang juga jadi solusi untuk keluarga yang membawa anak, supaya bisa menghabiskan waktu sebelum masuk waktu Magrib.



Rekomendasi Tempat Ngabuburit di Bukittinggi
Area Taman Jam Gadang - Dokumen 2017

Rekomendasi Tempat Ngabuburit di Bukittinggi
Pasa Ateh 2022 - Area Belakang/Pintu Parkiran

Rekomendasi Tempat Ngabuburit di Bukittinggi
Taman Monumen Bung Hatta



Bagaimana? Menarikkan rekomendasi tempat ngabuburit di Bukittinggi pilihan saya?

Kalau ingin olah raga ringan bisa ke Lapangan Kantin, kalau ingin membaca buku atau belajar bisa ke Perpustakaan Proklamator Bung Hatta dan jika ingin rekreasi sekaligus berbelanja bisa ke kawasan Jam Gadang-Pasa Ateh Bukittinggi.

Kamu lebih suka tempat ngabuburit yang mana? Apapun tempatnya, yang penting puasanya lancar yah!

***


Tulisan ini dibuat untuk 30 Day Ramadan Challenge 2022 oleh Blogger Perempuan Network dengan tema Tempat Ngabuburit Asik.

Terima kasih sudah visit dan membaca blog saya.

  • Note : Semua foto adalah dokumen pribadi, dilarang menggunakan foto dari artikel ini tanpa ijin.

xoxo
Dila

16 komentar:

  1. dulu waktu masih jadi anak kuliahan, kalau bulan puasa masih sempet nyari takjil sambil ngabuburit. pas udah jadi karyawan, kayaknya susah mau jalan kalau pas hari kerja. kecuali pas weekend. tapi suasana kayak gini jadi ngangenin gitu.

    BalasHapus
  2. waaaaaa ... kalau tempatnya keren gini, kayaknya enggak harus bulan puasa pun, aku mah mau aja deh main dan jalan-jalan kesini
    semoga kesampaian, aamiin

    BalasHapus
  3. Bukit tinggi deket lubuk linggau ga kak? Aku ada rencana ke lubuk linggau rumah temen aku akhir tahun ini. Jadi pengen jalan2 ke bukit tinggi juga

    BalasHapus
  4. Keren2 banget tempatnya nih. Tapi kalau sudah berkeluarga rasanya setiap ngabuburit harus ke tempat yang friendly bua anak-anak. Kayaknya Jam Gadang dan Taman Monumen itu paling pas nih.

    BalasHapus
  5. Banyak lokasi bagus sih ini.
    Noted dulu deh, semoga ada kesempatan untuk dapat singgah ke sana

    BalasHapus
  6. Sekarang tampilan Jam Gadang sudah sedikit berbeda kak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya, sebenarnya udah motoin Jam Gadang versi 2022. Tapi kebetulan saat itu langitnya gelap, jadi fotonya jelek. Yaudah pakai foto yang lama aja. PR banget nih, fotoin Jam Gadang versih baru dengan langit biru, hehe

      Hapus
  7. berasa pengen balik lagi ke bukit tinggi nih :( kemarin aku cuma semalam aja di sana karena harus ke kota lain. Kalau ke sana lagi aku pengen nikmati di monumen jam gadangnya hehe..

    BalasHapus
  8. Waaa, beneran menarik ya tempat ngabuburit-nya. Itu Perpustakaan Proklamator Bung Hatta gak bisa sih buat ngabuburit kalau jam bukanya sampai pukul 15. Eh tapi di kotaku, perpus juga bukanya sampai jam segitu aja

    BalasHapus
  9. Kawasan sekitar lapangan masih banyak pepohonan ya, Kak. Masih berkabut ya. Suka dengan konsep gapuranya perpustakaan, ga biasa. Btw ngabuburitnya asik kalau gini ya

    BalasHapus
  10. wah aku mupeng keperpustakaanya menarik kayake ngajak anak2 berimteraksi denganbuku sehingga waktu menjelang bebruka gak terasa ya

    BalasHapus
  11. kalau saat masih lajang dulu kegiatan ngabuburit ini bisa sering dilakukan. tapi kalau sudah menikah dan punya anak kayaknya agak susah ya mau ngabuburit. kalau di daerah bukittinggi kayaknya memang jam gadang itu jadi pusat berbagai kegiatan yaa

    BalasHapus
  12. Jadi pengen liburan ke bukit tinggi, sumatra barat emang banyak banget destinasi wisata yang bagus diataranya bukit tinggi ini

    BalasHapus
  13. Sering banget ikonik kota Bukit Tinggi di internet. Destinasi wajib di Sumatera Barat.

    BalasHapus
  14. Baru tahu jam gadangnya aja nih. Karena itu terkenal sampai ke luar Sumatera.

    BalasHapus
  15. Hihi pas banget waktu aku ke Bukittinggi waktu puasa kemarin, emg nyari tempat ini bagus buat ngabuburit, salah satunya tempat2 seperti yg kak Dila sampaikan itu yaa kak. Aku suka banget karena tempatnya luas, nyaman, dan bikin betah, bisa mengisi waktu luang saat menunggu waktu berbuka

    BalasHapus