5 Rekomendasi Game Asah Otak Online Tanpa Harus Download Aplikasi

Kamis, 11 November 2021

www.chocodilla.com


Salah satu hobi yang disukai oleh banyak orang adalah bermain game. Pasalnya bermain game bisa dilakukan dimana pun, kapan pun, serta dapat dimainkan sendiri atau dengan teman atau tim.

Berbicara tentang manfaat, bermain game sering dikenal sebagai kegiatan menghilangkan stres atau pengisi waktu kosong. Padahal jika ditinjau lebih jauh, banyak sisi positif dari bermain game seperti melatih otak dan mental, menambah pengetahuan, melatih kemampuan bahasa Inggris karena banyak game yang berbahasa Inggris, menanamkan jiwa pantang menyerah dan berani menghadapi tantangan.

Saya sendiri sudah mengenal konsol video game sejak kelas 3 SD. Sejak saat itu sudah berbagai jenis game yang pernah dimainkan. Medianya pun beragam seperti konsol video game, PC, hingga ponsel. Sampai sekarang saya masih bermain game walaupun tidak se-intensif dulu. Bisa dibilang game ibarat teman setia yang siap menemani saat saya bosan.


Ada banyak kategori game, dari semuanya game asah otak masih menjadi favorit saya. Alasannya karena game asah otak bisa mengembangkan kecerdasan otak kanan. Siapa sih yang enggak mau makin pintar? hehe.

Walaupun terdengar berat, game asah otak yang dikembangkan oleh perusahaan game tetap menyenangkan dan tidak begitu menghabiskan waktu. Oleh karena itu saya punya rekomendasi game asah otak yang disediakan oleh plays.org yang mana bisa dimainkan secara online dan gratis tanpa harus didownload terlebih dahulu.

Tentu ini menjadi solusi bagi kamu yang ingin main game tapi memori ponsel sudah tak kuat menampung aplikasi baru. Dan tenang saja, walaupun ada kata-kata "gratis", website yang menyediakan game ini bebas dari iklan-iklan liar yang mengganggu.

Ada apa saja yah? Apakah selera kita sama? Yuk mari dilihat bersama!


5 Rekomendasi Game Asah Otak Yang Bisa Dimainkan Secara Online Tanpa Harus Download Aplikasi


1. World Bingo


World Bingo dengan nama lengkap World Bingo Geography Game adalah permainan yang menggabungkan konsep bingo dengan kuis geografi. Game ini sangat ringan dan bisa dimainkan di desktop atau device layar sentuh oleh anak-anak hingga orang dewasa.

Game ini menguji pengetahuan kita tentang ibu kota dan bendera negara. Di awal permainan, kita bisa menyesuaikan kuis yang diinginkan, mulai dari memilih cakupan benua, lalu memilih negara apakah negara besar saja (populasi lebih dari 10 juta) atau semua negara setelah itu pilih katagori kuis yaitu ibu kota, bendera atau keduanya. Setelah itu memilih ukuran kotak bingo yaitu 3x3, 4x4 dan 5x5. Nantinya pada kotak bingo akan muncul nama dan peta negara sesuai dengan pilihan kuis sebelum bermain.

Teknik bermainnya adalah akan muncul pertanyaan seperti "negara yang memiliki ibu kota Seoul", maka kita harus memilih klik negara yang sesuai yang ada di kotak bingo. Jika benar maka muncul gambar . Ada juga pertanyaan berupa gambar bendera negara dan kita harus menjawad negara yang sesuai. 

Tidak ada batasan waktu saat bermain, dan boleh melakukan kesalahan lima kali. Kamu dianggap menang jika berhasil menjawab pertanyaan dengan konsep bingo. Bagi yang belum paham, konsep bingo adalah jika kita bisa menjawab dengan benar berturut-turut secara horizontal, vertikal atau diagonal.

Penasaran dengan World Bingo Geography Game? Kamu bisa memainkannya di sini >> World Bingo

Game Asah Otak



2. Waffle Word Search


Waffle Word Search Game adalah permainan mencari kata-kata berdasarkan huruf yang ada di sebuah kotak yang berbentuk waffle. Terdapat enam bahasa yang bisa dipilih yaitu bahasa inggris, belanda, spanyol, perancis, itali dan portugis.

Pemain diberikan waktu selama dua menit untuk mencari kata-kata dengan menyambungkan huruf dengan minimal 3 huruf. Kita bebas menyambungkan huruf apakah dari kiri ke kanan, kanan ke kiri, zigzag, atas ke bawah, bawah ke atas, yang penting huruf tersebut masih berdekatan.

Waffle Word Search bisa dimainkan oleh anak-anak dan orang dewasa, bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan bahasa asing dan kecepatan berpikir.

Kamu mau coba bermain Waffle Word Search Game? Silakan kunjungi link ini >> Waffle World Search

www.chocodilla.com



3. Sudoku


Sudoku adalah game jadul yang masih asik dimainkan hingga sekarang. Taukah kamu kalau sudoku bukanlah permainan dari Jepang melainkan permainan yang diciptakan di tahun 1783 oleh Leonhard Euler, seorang matematikawan asal Swiss. Game teka teki angka ini katanya bermanfaat untuk mencegah demensia dan alzeimer.

Kamu bisa bermain sudoku di plays.org . Pertama-tama pilih level bermain yaitu beginner, intermediate dan advance. Lalu akan muncul kotak sudoku yaitu kotak berukuran 9x9 di mana ada pembagian sub kotak 3x3.

Peraturan bermain masih sama dengan sudoku pada umumnya yaitu pemain harus mengisi kotak yang kosong dengan angka 1 hingga 9. Namun tidak boleh ada angka yang sama di 9 kotak mendatar dan 9 kotak menurun. Selain itu juga tidak boleh ada angka yang sama di sub kotak 3x3.

Dulu saya masih bingung dengan cara bermain sudoku. Sekarang sudah paham dan seru juga memecahkan teka teki angka ini.

Ingin nostalgia bermain sudoku? Silakan kunjungi link ini >> Sudoku 

Game Asah Otak


4. Math Word Search


Math Word Search Game agak mirip dengan waffle word search game karena pemain harus menghubungkan huruf yang terdapat pada kotak secara acak untuk membentuk sebuah kata. Bedanya adalah pemain harus mencari kata dalam bahasa inggris sesuai dengan hasil perhitungan matematika.

Detail bermainnya seperti ini, pertama pilih level bermain yaitu easy dan hard. Jika memilih easy atau mudah maka tidak ada batasan waktu, sementara hard atau sulit memiliki batas waktu selama empat menit. Selanjutnya pilih jenis perhitungan yaitu tambah dan kurang, perkalian dan pembagian.

Misalnya pilih hard dan perkalian, maka akan muncul delapan masalah perkalian dan diberi batas waktu empat menit. Pemain harus mencari tau hasil perkalian yang ada di sebelah kiri lalu mencari katanya dari kumpulan huruf di sebelah kanan. Misalnya 10 x 20 = 100, lalu cari kata hundred dari huruf-huruf di sebelah secara horizontal, vertikal atau diagonal.

Jadi dengan bermain Math Word Search Game, kamu bisa mengasah kemampuan berhitung sekaligus bahasa inggris.

Penasaran dengan Math Word Search Game? Kamu bisa memainkannya di sini >> play here

Game Asah Otak



5. Speed-Type


Speed-Type ini adalah game yang wajib dicoba oleh kamu-kamu yang suka mengetik di laptop seperti penulis dan blogger. Pasalnya permainan ini bisa melatih kecepatan dan ketepatan dalam mengetik.

Cara bermain, pertama pilih bahasa yang diinginkan. Ada lima pilihan bahasa yaitu bahasa inggris, spanyol, portugis, itali dan perancis. Setelah pilih misalnya bahasa inggris lalu muncul empat kata bahasa inggris yang harus diketik dimulai dari kata yang paling bawah.

Permainan ini akan menghitung nilai berdasarkan jumlah kata yang diketik dengan benar dan tingkat akurasi. Namun tidak disebutkan berapa lama waktu dan berapa jumlah kata yang diberikan. Setelah saya coba bermain, waktu yang diberikan sekitar satu menit. Walau demikian, jika kamu mulai lalu diam atau tidak mengetik beberapa waktu maka permainan tidak berhenti begitu saja.

Ingin meningkatkan kemampuan mengetik? Yuk main Speed-Type

Game Asah Otak





***

Demikian lima rekomendasi dari saya mengenai permainan di website plays.org yang bisa mengasah otak. 

Ada banyak jenis dan pilihan game lainnya di play.org yang dapat dimainkan secara online dan gratis tanpa harus mengunggah aplikasi dan tentunya bebas iklan.

Jadi apa game online favorit mu?




24 komentar:

  1. Kalau aku paling seneng permainan menebak kata itu. Kosakata juga jadi bertambah :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak, game nebak kata bisa nambah kamus pribadi.

      Hapus
  2. aku lagi main game juga di play.org Mba Dila, tapi yang speed type belum pernah coba, kyknya seru banget.. nnti deh aku coba main. Sekarang lagi nyobain Math Word Search. Seru banget karena gak perlu download aplikasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Speed type wajib dicoba oleh blogger kayak kita Natih, lumayan tuk latihan. Yah, makin seru karena tak harus download.

      Hapus
  3. pilihan game-game dari situs ini banyak bangett.. aku udah coba dan banyak juga game jadul buat kita mainin lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, banyak game jadul jadi bisa nostalgia

      Hapus
  4. Kalau dari kelima yang disebutkan saya paling favorit Sudoku. Seru saja memecahkan teka-tekinya padahal aturannya sangat sederhana. Waffle Word Search juga suka, menebak-nebak satu kata dari susunan huruf yang acak juga punya keseruan tersendiri. Apalagi jika dari susunan huruf tersebut bisa terbentuk lebih dari satu kata.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudoku memang game legendaris, walau saya baru paham cara mainnya sekarang, hehehe.
      Waffle Word Search juga seru banget!!

      Hapus
  5. Waaah baru tahu juga nih, kalau bermain game suduko bisa membantu mencegah demensia dan alzeimer, keren!. Saya termasuk yang suka juga menikmati game di situs plays ini, banyak yang kemudian menjadi favorit.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya kang, walaupun Sudoku terkesan sulit ternyata manfaatnya luar biasa.
      Situs plays emang favorit karena jadi hiburan ringan di sela-sela kesibukan.

      Hapus
  6. Ini game nya recomended enggak ya buat anak 9 tahun? Soalnya di sekolah nya udah diajarin ngetik 2 jari juga. Aku penasaran yang math Word search. Jadi pingin coba deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya cocok kak, tapi gamenya menggunakan bahasa Inggris. Jadi mungkin agak kesusahan bagi anak umur 9 tahun.

      Hapus
  7. waah..jenis2 permainan asah otak beneran nih, ngga bisa dibawa santai kalau aku, hsha.. yapi, terima kasih infonya ya..bisa dipakai untuk tantangan dg teman2 nih..

    BalasHapus
  8. Aku jarang sih main game, tapi benaran deh kak sekalinya main game gitu aku bakal cari game buat asah otak atau yg menantang banget kak. Selain itu, kadang game juga bikin hp berat ya untungnya ketemu referensi artikel kak Dila. Cukup memainkan gamenya saja tanpa perlu download2 lagi ya. Wahh seru banget nih Kak, jadi pengen coba deh.

    BalasHapus
  9. rekomendasi plays.org udh seliweran banget nih infonya dan emang semenarik dan seedukatif itu ya gamesnya dan praktis lagi ga usah download apps lagi, jadi praktis

    BalasHapus
  10. Games gak hanya buat hiburan aja, tapi juga asah otak, meningkatkan stimulasi, serta sambil belajar juga, jadi dapat banyak manfaatnya.

    Apalagi untuk yang games nomor 5, jadi sekalian menguji kemampuan mengetik ya, bagus sih ini buat kita yang kerjanya ketak-ketik pasti bermanfaat.

    BalasHapus
  11. Aku baru tau cara main sudoku setelag baca ini wkwkwk. Aku dah main plays btw, banyak game yang asah otak memang & bikin nostalgia juga karena dari dulu sering mainin. Cuma ini enak sih gak perlu download :)

    BalasHapus
  12. Uwooowww semua permainan yang disebutin bener-bener yang tipe asah otak ya. Kalau saya suka game yang main detektif-detektifan gitu. Tapi sekaligus asah otak. Dulu suka main dari gamesnya Microsoft Window yang ada lappie. Asik juga nih karena gak perlu download. Yaaayyy.

    BalasHapus
  13. Kalo lagi capek, mood kurang oke buat ngapa-ngapain, kadang saya suka main game. Lumayan buat asah otak juga kan selain buat ngisi waktu istirahat.

    BalasHapus
  14. Baru pernah merasakan game sudoku. Asli, bikin candu tapi pusing lama-lama kalau levelnya naik. Tapi lumayan buat ngasah otak.

    BalasHapus
  15. Aku pengen nyoba speed type nih. Biar makin lancar ngetik artikel juga kerjaan kantor.Hahaha....kali aja bisa bikin 2 artikel sehari.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya kak, speed type cocok untuk blogger/penulis. Melatih kecepatan jari sekaligus refleshing

      Hapus
  16. World Bingo lebih beragam permainannya ya sepertinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, world bingi beragam dan seru gamenya.

      Hapus