Game Favorit dari Dulu hingga Sekarang

Kamis, 20 Mei 2021


Adakah yang tidak suka bermain game disini?
Mungkin jawabannya tidak ada.

Saya yakin mayoritas orang di jaman sekarang ini suka bermain game baik perempuan maupun laki-laki, mulai dari anak kecil hingga orang tua. Bermain game adalah kegiatan yang paling menyenangkan dan sering disebut sebagai penghilang stres.

Tergantung jenisnya juga sih, karena ada yang sederhana dan ada yang menguras otak sehingga malah membuat stres. Ada yang menjadikan sebagai hobi dan ada yang bermain game untuk sekedar mengisi waktu luang. Game juga bisa dimainkan di berbagai gadget atau perangkat seperti HP, PC, Laptop atau langsung di konsol gamenya seperti PlayStation, Xbox dan lain-lain.


GAME FAVORIT DARI DULU HINGGA SEKARANG



Era Super Nintendo


Pertama kali kenal dengan istilah game atau video game sekitar akhir kelas 3 SD atau sekitar tahun 1998. Saat itu tiba-tiba orang tua saya membelikan Super Nintendo (Super Nintendo Entertaiment System atau disingkat menjadi SNES) yaitu konsol video game buatan perusahaan Nintendo dari Jepang. Serius, padahal saya tidak pernah merengek untuk minta dibelikan. Jangankan minta dibelikan, benda itu eksis aja tidak tau. Apalah saya sebagai seorang siswi SD yang saat itu hanya tau dan suka bermain permainan tradisional di luar rumah bersama teman-teman.

Game Favorit dari Dulu hingga Sekarang
My first ever video game console : Super Nintendo

Kesan saya pertama kali memainkan game di Super Nintendo adalah takjub sekali, bisa dibilang seperti melihat spesies terbaru setelah TV. Apalagi saat itu informasi tentang gadget atau teknologi sangatlah terbatas. Jadi belum pernah mendengar semacam review tentang konsol game. Kalau dibandingkan dengan sekarang, kita bisa menemukan banyak informasi mengenai game di portal berita tentang gadget dan teknologi yang ada di internet.

Game yang ada di Super Nintendo seru-seru, seperti PAC-MAN, Battle City, Balloon Fight hingga yang paling terkenal yaitu Super Mario Bros. Dari semuanya yang paling saya sukai adalah game action Contra dan game petualangan The Litte Mermaid. 

Kalau dipikir-pikir, dulu saya sangat tabah dalam bermain video game. Karena di Super Nintendo tidak ada yang namanya memory card yang berarti progres kita saat bermain game tidak bisa disave. Sementara game Contra dan The Little Mermaid ada levelnya. Jadi kalau saya main Contra hari ini sudah sampai level 5 lalu berhenti, maka saat main lagi harus diulang dari level awal. Saya ingat sekali sudah berulang-ulang bermain Contra dan The Little Mermaid karena berambisi bisa lolos hingga level terakhir dan tamat.

Game Favorit dari Dulu hingga Sekarang
Sumber Gambar : www.morning.computer

Dulu saya rajin sekali bermain Super Nintendo setelah pulang sekolah dan juga hari minggu. Pokoknya TV saya monopoli sampai sebelum sinetron Indonesia dimulai. Kebetulan saya anak pertama dan punya adik perempuan berumur empat tahun, sehingga saya bisa puas main game sendiri. Apalagi orang tua juga tidak melarang karena walaupun ketagihan bermain game, Alhamdulillah saya masih bisa berprestasi di sekolah. Tapi sebenarnya enggak selalu sendiri juga, kadang bermain dengan sepupu atau teman sekolah.

Di balik kebahagiaan rutin bermain video game, ada efek negatifnya juga. Ketika kelas 5 SD penglihatan saya mulai berkurang dan terpaksa memakai kaca mata. Mungkin ini karena TV jaman dulu warna atau cahayanya masih sangat kuat dan tidak ramah untuk mata. Semoga yang membaca ini bisa belajar dari pengalaman saya.


Era PlayStation


Setelah Super Nintendo, konsol video game kedua yang saya miliki adalah PlayStation 1. PlayStation 1 masih merupakan konsol video game keluaran Jepang yaitu dari perusahaan Sony. Jujur saya lupa ini kapan…hmmm mungkin sekitar kelas 5 atau 6 SD. Kalau enggak salah papa berbaik hati membelikan PlayStation 1 karena Super Nintendo sudah tidak bisa berfungsi dengan baik.

Sayapun mulai memasuki dunia PlayStation dan kali ini sudah ditemani oleh sang adik (baca : ada saingan). Kesan saya terhadap PlayStation 1, konsol video game ini terasa lebih unggul dari pada Super Nintendo dilihat dari kualitas gambar atau grafiknya, ragam permainan, stick atau controller yang lebih banyak tombol. Dan yang paling penting ada memory card untuk menyimpan data permainan. Setelah saya mencari informasi di portal berita gadget dan technology ternyata Super Nintendo dan PlayStation 1 sama-sama dirilis pada tahun 1990. Tapi entah kenapa saya merasa PlayStation 1 lebih canggih, apa sebenarnya spesifikasi yang saya beli memang sudah berbeda, entahlah.

Game yang pernah saya mainkan dan masih saya ingat di PlayStation 1 seperti Tekken 3, CTR, Bishi Bashi Special (ini gamenya kocak), Pepsi Man dan lain-lain. Di antara semuanya game yang paling saya sukai adalah Harvest Moon dan Guitar Hero. Saking cintanya sama Harvest Moon, dulu saya rela tinggal sendiri di rumah demi bisa bermain game pertanian/pertenakan ini, sementara keluarga besar pergi liburan ke tempat wisata seharian. Menurut saya itu adalah kesempatan emas, bisa bermain game lama-lama tanpa diganggu adik ataupun orang tua (maksudnya disuruh kerja ini itu). Selain itu, bukti kecintaan saya pada Harvest Moon, saya gigih mencari informasi di internet tentang tips bermain dan juga resep-resep masakan di Harvest Moon. Setelah data terkumpul, saya susun dan print dalam bentuk buku kecil.

Sumber gambar :Wikipedia


Era Game di PC


Beranjak SMA, saya dibelikan PC oleh orang tua sebagai penunjang kegiatan belajar. Nah, dari sini saya mulai mengenal game PC dan mulai meninggalkan dunia PlayStation. Apalagi saat itu saya sudah punya tambahan dua adik laki-laki yang semakin besar, sehingga PlayStation sudah dikuasai oleh mereka. Oh iya, sepertinya di tahun ini juga papa membelikan PlayStation 2 untuk mereka.

Pertama-tama main game PC merasa aneh karena biasa memegang controller namun sekarang bermain dengan mouse dan keyboard. Walau demikian, game PC ternyata lumayan menarik.

Saya suka dengan tipikal game time management seperti Sally Salon, Sally Spa dan Dinner Dash. Selain itu juga suka game lainnya yang (maaf) saya kurang tau jenisnya yaitu Feeding Frenzy, Pizza Frenzy, Angry Birds dan Plant Vs Zombie. Selain itu, saya juga suka game strategi peperangan seperti Age of Empires. Pokoknya game di PC menarik semua, saya susah memilih game yang paling disukai. Oh iya, semua game PC yang saya sebutkan diatas adalah game offline.

Game Favorit dari Dulu hingga Sekarang
Sumber Gambar : www.morning.computer


Era Game di HP


Selanjutnya mari membahas tentang game di Android atau HP. Kapan saya mulai tertarik dengan game di HP? Sebenarnya saya sudah mulai memiliki HP sejak kelas 2 MTsN atau tahun 2003. Tapi saat itu masih jaman-jaman HP Nokia dan tau aja kan tipikal gamenya seperti apa. Makanya masih belum candu bermain game di HP.

Game di HP mulai menarik perhatian sejak saya memiliki HP Android Samsung saat masuk dunia kerja yaitu tahun 2012. Saya ingat sekali, game pertama yang saya mainkan adalah Cut The Rope dan Fruit Ninja yang mana keduanya adalah game offline.

Semakin berkembangnya gadget dan teknologi, game di HP pun semakin berkembang dan saya mulai mengenai game online. Dari semua game online, yang paling berkesan adalah Hay Day. Karena saya tergoda bermain ini setelah dipengaruhi oleh mama. Yup, mama saya yang berprofesi sebagai guru sudah lebih duluan bermain game ini dari pada saya. Kocaknya lagi, pernah mama menghubungi saya via WA hanya untuk minta tolong karena dia butuh kayu atau perkakas yang langka (yang pernah main Hay Day pasti paham). Bayangkan anak yang merantau, tiba-tiba dihubungi karena perkara game

Hingga sekarang, saya masih bermain game di Android dan game yang saya mainnya berbeda-beda. Ada yang memang sudah ditamati semua levelnya seperti Plant Vs Zombie. Ada juga yang sudah tidak dimainkan karena bosan seperti 8 Ball Pool, Chess Free, Hay Day, Good Pizza Great Pizza dan lain-lain. Sementara game yang sedang sering saya mainkan sekarang adalah Crazy Diner, Rhythm Hive (game khusus fans BTS, Tomorrow X Together dan ENHYPEN) , YG Superstar (game khusus YG Stan).

Game Favorit dari Dulu hingga Sekarang
Sumber Gambar : www.morning.computer
---

Itulah kisah singkat saya dengan konsol video game serta rangkuman game-game favorit dari dulu hingga sekarang.

Setelah menulis artikel ini saya jadi kangen bermain game di PlayStation. Sepertinya saya sudah ketinggalan banyak tentang konsol video game. Kalau sudah kondisi seperti ini, saatnya mencari tau tentang perkembangan gadget dan teknologi di portal berita yang khusus membahas gadget dan teknologi itu sendiri.

Saya menemukan portal berita gadget dan teknologi yang cukup bagus untuk menambah wawasan yaitu www.morning.computer karena bahasa atau penjelasannya mudah dipahami oleh orang awam. Tampilan website juga sangat rapi sehingga enak dipandang mata. dan yang paling penting topik yang dibahas juga beragam seperti Android, IOS, Game, Kamera, Perangkat serta Tips dan Trik.  

Ok, sekian nostalgia tentang game dari saya, next nostalgia apa lagi yah? hehe

xoxo
dila

30 komentar:

  1. Hahaha.. tos dlu yg suka Harvest Moon. Tapi ini beda yah sepertinya. Harvest moon yg pernah aku mainin yg Back to Nature..

    Haha. HAYDAY.. astaga inget banget pas zaman kuliah di Semarang. Nggak ada kali sehari nggak buka game ini.. tuker2an dagangan sama temen sekelas. Wkkw seeruu bangett..
    Skrang mainnya ML Adventure, Plant vs Zombie 2 yang susahnya setengah mati.. haha 🤣🤣 dari kapan itu main nggak tamat2...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayaknya aku salah ambil gambar deh Bayu. Setelah searching lagi, aku juga main Harvest Moon yang Back To Nature. Emang ini game legend, siapapun suka.

      HAYDAY itu udah kayak jelmaan dari Harvest Moon enggak sih, sama-sama ttg perkebunan dan pertenakan, sama-sama bikin candu, tp bedanya enggak ada nikah-nikahan. wkwk..

      Plant Vs Zombie 2 gampang kok, aku udah tamat. Jadi kangen pengen main lagi. Kalau game yang terlalu cowo aku enggak main, kayak ML Adventure.

      Hapus
  2. Saya pernah merasakan main ninetendo sama game hp doang. Karena bukan maniak game sih. Di ninetendo sama suma mario bros juga. Kalo di hp sama suma hayday juga tp lama2 bosen aja. Skrng masih main ngelanjutin candy crush saga hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayday dan candy cruch emang game sejuta umat yah..
      Tapi emang Hayday udah enggak populer lagi, rata-rata pada bosan

      Hapus
  3. Aku suka main game. saat ini paling demen main onet. Itu lho yang suka masang-masangin gambar yang sama.kalau yang lain dulu suka nonton orang main mario bross. Soalnya nggak bisa maen sendiri. hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, saya tau onet. Dulu sempat main di PC.
      Sekarang udah ada di HP juga kan, tapi udah bosan mainnya.

      Hapus
  4. Cut the rope pernah sempat daku install, tapi gak lama. Kemudian berganti dengan Pyramid saga, Onet, brick game, terus sudoku. Walau sih yang awet malah Onet

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eh iya ada lagi, subaway juga. Waktu punya tab, main itu memang jadi penyegar otak. Makanya bolehlah main games bentar ya

      Hapus
  5. Aku ngalamin juga tuh kak game dari masa ke masa, sayangnya aku bukan gamer, jadinya hanya sebatas tahu saja hehhehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apa karena sudah menemukan jati diri sebagai blogger yah? hehe

      Hapus
  6. aku pernah main game PAC MAN dan harvest moon. asyik banget emang maininnya sampai lupa waktu. pake nitendo, hihihi. keliatan ya umurnya berapa, wkwkwkwk. selain dua game ini sih aku paling suka main mario bross dan crush team. seru banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, sekarang umur orang bisa ketahun dari game yang dimainin,, wkwk.
      Belum pernah dengar cruch team anyway.

      Hapus
  7. Kalau aku dari dulu kurang suka game. Hanya tahu untuk sekadar bahan obrolan dengan murid-muridku aja hehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ternyata statement saya "semua orang pasti suka game" itu salah... ^^

      Hapus
  8. Kalau aku harvest moon sama bishi bashi sih! Dimainin di PS1! Hahaha.. oh ya sama DDR juga. Dulu aku jago banget, sekarang sih udah keberatan badan :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harvest moon dan bishi bashi emang game favorit anak2 PS1. DDR itu mirip-mirip sama gitar hero kan yah? saya lebih berkesan gitar hero.

      Hapus
  9. Harvestmoon aku sukanya pake bangeett.. Hihihi.. Mulai jaman PS1 sama PS2 main itu. Seneng banget kl waktu panen kebun

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, pas panen itu paling seneng. Dan nunggu-nunggu banget waktu tuk nyukur bulu domba.

      Hapus
  10. Nostalgia tontonan favorit dari jaman dulu sampe sekarang boleh juga tuh mbak hehehe. Aku ngalamin jg nih main nitendo

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, boleh juga tuh ide buat blog selanjutnya ttg tontonan favorit. Trus ntar semakin ketahuan tuanya T_T

      Hapus
  11. Seneng banget ya kalo udah pernah ngerasain game dari era yang dulu bgt sampe secanggih sekarang. Saya juga pernah punya Nintendo dan PS 1, skrg malah suami minta dibelikan PS tapi yang game-nya gak online karena menurutnya lebih seru, mahal jg kan belinya 🤣

    Oiya Kak coba deh main Play Together. Aku lg main itu skrg seru bgt. Ini game open world juga, dia bisa sekolah, ada mini game nya juga, bisa kerja, bisa bantu orang lain cari barang hilang, bisa mancing dan ikannya dijual, nanti semua akan dapet uang buat beli rumah dan perabotannya. Gemess banget!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya bersyukur juga sih, sekarang udah ga candu game PS, karena emang harganya mahal.

      Play Together? wow, kayaknya seru. apakah game di PC atau HP? otw cari tau...

      Hapus
  12. ahhaha ya Allah aku bukan anak game banget, ga kenal nintendo sama PS wkwkkw, di antara semuanya aku cuma main plants vs zombie wkwkkw. Selain itu paling aku main ludo atau sudoku. Sama dulu main ular-ularan di hp nokia jadul pahammm kan yaaa, ahhahhahha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya kalau "bukan anak game banget' atau enggak kecanduan game adalah hal yg bagus, bisa mencegah kerusakan mata. Tapi main gmae buat iseng-iseng aja boleh lah.

      Hapus
  13. Saya main game-nya di shopee. Shopee bubble haha. Sebenernya saya suka liat orang main game, walau nggak suka main game. Dari dulu. Kedua anak remaja saya suka main game. Game kekinian tentunya (era HP sebutnya ya). Kalau 2 era yang disebutkan di atas, kayaknya mereka nggak kenal :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Game shopee emang lumayan seru, apalagi hadiahnya bener-bener nyata yah mba..hehe.
      Mereka jangan sampai terpengaruh PS mba, ntar tekor..

      Hapus
  14. super nintendo aku gak ngalamin. Tapi suka main pac-man dan mengenal game ini di VCD Player. Era PS saya juga suka main harvest moon. wah tulisan ini mengingatkan masa lalu. hehehe. makasih kak/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harvest Moon emang game sejuta umat, cewe cowo pada suka.
      Ya sama-sama

      Hapus
  15. kalau saya sih, dari dulu suka dengan game pac-man. mainin nya kayak ada adrenalin gitu ngumpet-ngumpet dari musuhnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pac Man itu game simple tapi emang lumayan menantang adrenalin. wkwk

      Hapus