Small But Definite Happiness

September 01, 2018

Assalamualaikum semuanya.

Pada postingan sebelumnya saya pernah bercerita tentang hobi terbaru saya di tahun 2018 yaitu membuat terjemahan dari video-video BTS lalu mengunggahnya di channel Youtube (Baca juga : Hobi Baru Saya). Dari beberapa video yang saya kerjakan ada satu video yang menginspirasi saya untuk membuat tulisan ini yaitu video member BTS yang memaparkan "소확행" (Baca : So-Hwak-Haeng) mereka masing-masing.

"소확행" (Baca : So-Hwak-Haeng) adalah sebuah singkatan dari 소(작지만) 확실한 행복 (Baca : So(Jakjiman) Hwaksiran Haegbok) yang artinya adalah Small but Definite Happiness. Kalau boleh saya menyimpulkan maksudnya adalah sesuatu yang kecil tapi pasti membuat bahagia atau kebahagiaan kecil yang pasti. Yah, intinya semacam itu.

Pada video itu, para member menyebutkan 10 list hal-hal kecil yang membuat mereka bahagia. Setelah melihat dan bahkan menerjemah video mereka, saya mulai kepikiran list "소확행" versi saya. Untuk itu sekarang saya ini menuliskan 10 hal-hal kecil namun pasti membuat saya bahagia, anyway ini bukan berdasarkan urutan prioritas yah!

1. Bangun subuh setelah itu melakukan hal bermanfaat.
Saya senang sekali bisa bangun subuh dan setelah itu dilanjutkan kegiatan bermanfaat, bisa saja merapikan kamar, masak, mencuci baju dan lari pagi. Intinya tidak tidur lagi setelah sholat subuh. Apalagi saat weekend, saya malah kesal kalau bangun kesiangan saat weekend, rasanya sudah menyia-nyiakan waktu.

2. Sarapan roti dan teh manis hangat.
Saya sangat suka roti, dan sudah terbiasa sarapan roti di pagi hari. Kalau makan nasi di pagi hari, kayaknya terlalu berat. Jadi saya merasa bahagia bisa sarapan roti tawar+selai kacang+meseis (combinasi favorit!!) dan ditambah teh manis hangat. Menurut saya ini adalah sarapan terbaik.

3. Menyetir mobil sambil mendengarkan lagu favorit.
Siapa yang tidak suka mendengarkan musik?! Menyetir sambil mendengarkan lagu-lagu favorit menurut saya adalah kebahagiaan yang tak terhingga. Saya merasa tidak masalah harus menyetir jauh dan sendiri asalkan ada lagu yang menemani. Biasanya saya akan karaoke bahkan joget-joget sendiri saat memutar lagu favorit saat menyetir sendiri.

4. Saat orang-orang suka dengan brownies/kue/masakan yang saya buat.
Biasanya kalau pulang ke rumah alias ada perlengkapan baking yang lengkap saya akan membuat brownies maupun cake. Bahagia sekali saat adik-adik, papa dan mama menyukai brownies/cake yang saya buat. Kadang takjubnya, baru dibuat pagi nanti di malam harinya sudah habis, padahal tidak ada tamu. Sejujurnya kue yang saya buat tidak selalu berhasil, kadang bantat, kadang bentuknya nggak bagus. Dan saya masih ingat awal-awal membuat brownies, pernah hasilnya gosong tapi ajaibnya mereka tetap melahapnya sampai habis.

5. Saat produktif.
Seperti saat saya selesai membuat postingan terbaru di blog, saat selesai menerjemahkan video dan mengunggahnya di Youtube dan saat selesai membuat sebuah projek rajutan. Jadi ada perasaan senang saya bisa melakukan hobi tersebut dan ada hasil nyatanya. Intinya saat bisa mengaktualisasikan rencana atau target yang sudah dipikirkan.

6. Makan makanan kesukaan.
Selain roti saya juga memiliki makanan kesukaan lainnya namun tidak bisa dimakan sering-sering karena alasan masing-masing. Contohnya martabak manis, mungkin nggak hanya saya, kebanyakan orang Indonesia pasti suka cemilan malam ini. Saya sangat bahagia saat makan martabak manis, tapi nggak bisa mengkonsumsinya setiap hari karena isinya gula dan tepung aja. Selain itu saya juga suka martabak mesir yang paling enak di Bukittinggi dan hanya bisa memakannya saat pulang kesana.

7. Saat membeli sesuatu dengan harga diskon.
Sepertinya ini juga kebahagiaan semua orang terutama wanita. Saya paling bahagia saat bisa membeli barang yang saya incar baik itu baju, sepatu, tas dll dengan harga diskon. Hal yang paling baru yang saya rasakan adalah, akhirnya bisa membeli sepatu WAKAI dengan harga spesial. Dan beruntungnya, WAKAI dengan harga spesial itu hanya berlaku untuk 2 size saja. Alhamdulillah salah satunya adalah size saya. yippie~~

8. Saat tidur dengan selimut hangat di rumah.
Setiap tahun saya selalu pulang ke kampung halaman yaitu Bukittinggi, dan tau aja kalau disana suhunya dingin. Tapi dengan begitu saya merasa senang bisa tidur dengan selimut yang tebal dan lembut, bahkan saat tidur siang.

9. Saat menerima paket.
Saya selalu merasa senang setiap kali menerima paket. Sebenarnya itu hal wajar jika paket dikirimkan oleh orang lain. Tapi saya pun masih sangat senang saat menerima paket yang dibeli sendiri, tetap merasa seperti mendapatkan kado kejutan. Padahal sudah tau isinya apa dan dibeli dengan uang sendiri.

10. Saat berkumpul bersama teman-teman.
Sekarang saya menyadari memiliki teman adalah hal yang berharga. Apalagi kalau memiliki teman yang saling menularkan hal positif, saling menyemangati dan membuat kita menjadi lebih baik, baik itu dari sisi agama maupun sisi lainnya. Senang sekali bisa bertemu dengan orang-orang yang seperti itu.

Yah, itulah 10 hal kecil yang pasti membuat saya bahagia. Catatan untuk diri sendiri, hal yang seperti itu harus disyukuri karena itu juga termasuk nikmat dari Allah. Sepertinya pada ayat QS Al Baqarah ayat 152 yang artinya
"Karena itu, ingatlah kamu kepada-Ku niscaya Aku ingat (pula) kepadamu, dan bersyukurlah kepada-Ku dan janganlah kamu mengingkari (nikmat)-ku"
dan juga surat QS Ibrahim ayat 7 yang artinya :
"Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan: "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih".
Terima kasih kepada pengunjung yang telah membaca tulisan saya ini, saya berharap bisa menginspirasi kalian untuk membuat list kebahagiaan juga. :)

Oh iya, yang ingin tau "소확행" versi member BTS yang sudah ditranslate, bisa cek di channel YT saya yah :

Jungkook

xoxo Dila

4 comments:

  1. Baru tahu tentang BTS. Sangat menarik mba..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh ya? mereka udah fenomenal sekarang.
      Makasih udah mampir di blog saya yah,,, hehe

      Delete
    2. Mbak saya beneran terinspirasi ini.Jadi menurut saya tidur setelah subuh meskipun hanya setengah jam adalah hal yang sangat membahagiakan tapi saya mau coba memperbaiki pola hidup saya biar lebih bermanfaat hahaha

      Delete
    3. Makasih Tiara~~ udah baca blog saya~~
      Iya, bener, biar rezekinya ga dipatok ayam,,hehe
      Alhamdulillah bisa menginspirasi. ayo kamu aktif lagi ngeblog, trus nanti share tulisanmu ke saya~

      Delete

Powered by Blogger.