Tips Pakaian Musim Dingin untuk Hijaber

Senin, 04 Januari 2016

Outfit saat jalan-jalan ke Hutan Bambu Damyang. Ayo hitung ada berapa lapis baju yang saya pakai pada foto ini!!

Hello there! 
What's up?

Bagaimana liburan akhir tahunnya? Semoga menyenangkan yah ^^  Sudah upload foto liburannya di Instagram? Atau posting kisahnya di blog masing-masing? 

Mengenai foto di Instagram, pada merasa enggak sih, kebanyakan artis-artis Indonesia upload foto liburannya di Korea? Seperti foto sedang bermain dengan salju, foto sedang memakai hanbok (pakaian tradisional Korea) di bangunan kuno, yang mana bikin mupeng. Saya jadi kangen lagi sama Korea, sebagai negara asing yang pertama kali dikunjungi sekaligus negara tempat salju pertama saya... T_T huaaaa kangen winter di Korea *tiba-tiba baper

Rasa kangen akan musim dingin di Korea membuat saya pengen membahas sedikit tentang outfits saya selama musim dingin di sana. Semoga bisa menambah informasi buat hijab bloggers yang akan merasakan winter pertama kali di negara lain, khususnya Korea.

Outfit saat jalan-jalan ke Suncheon Bay

Tips pakaian musim dingin from head to toe ala Dila untuk hijab blogger :

1. For your precious head

Sebagai muslimah tentu saja kita harus menggunakan hijab. Saat musim dingin sebaiknya pilih hijab atau pasmina yang tebal, dan lebih baik lagi jika memakai ninja atau daleman hijab yang tebal. ini semua untuk menjaga kepala dan telinga kamu tetap hangat. Tidak disarankan memakai jilbab paris yang tipis atau pasmina yang berbahan ceruti atau chiffon. 

2. For your pretty hands

Untuk tangan tentu gunakan sarung tangan. Ada banyak bahan atau jenis sarung tangan seperti rajutan, kulit dll. Jujur saya kurang suka yang rajutan selain mudah buluan, permukaannya yang tebal dan tidak rata membuat jari kesusahan untuk menyentuh layar HP. Selain itu kalau difoto sambil memakai sarung tangan rajutan nanti tangan terlihat bengkak (tetap aja, pengen terlihat perfect di kamera). Makanya saya lebih suka sarung tangan yang lebih tipis, ngepas tapi tetap hangat dan masih bisa menyentuh layar HP. Tapi maaf, saya kurang tau nama bahannya.

3. For your sexy body

Di dalam islam, wanita telah diwajibkan untuk menutup seluruh tubuhnya namun masih banyak yang belum melakukan. Namun saat musim winter, kamu akan terpaksa menutupnya bahkan berlapis-lapis. Karena temperatur udara bisa minus puluhan derajat, jadi jangan berharap bisa keluar dengan baju tipis supaya kelihatan kurus. Berapa banyak lapisannya? mari kita hitung!

Kalau versi saya :
Lapisan pertama pastinya pakaian dalam,
Lapisan kedua longjon, yaitu semacam manset baju dan legging yang tipis dan ngepas di badan
Lapisan ketiga kaos/kemeja tebal
Lapisan keempat jaket winter yang tebal, kalau diperhatikan jaket winter biasanya terdiri dari lapisan luar dan lapisan dalam.
Setidaknya ada 4 lapisan untuk menjaga badan tetap hangat. Tergantung stylenya juga sih. Kadang kalau saya, setelah memakai kemeja, di luarnya ditambahkan rompi rajutan dan setelah itu baru jaket.

4. For your beautiful legs

Untuk bawahan saya sarankan untuk memakai denim/jeans namun sebelumnya tetap harus memakai longjon/legging. Karena saya pernah coba pakai jeans saja ternyata masih merasa kedinginan. Alternatif lain bisa pilih denim/jeans yang tebal atau yang khusus winter. Oh ya, saya juga pernah mencoba memakai rok saat winter dan hasilnya,,, brrrr walaupun udah memakai legging dan memilih rok berbahan tebal, kaki saya tetap kedinginan karena akses angin masuk semakin besar yaitu dari bawah rok.

5. For your lovely foot

Lupakan heels kalau tidak mau kaki mati rasa. Kalau saya lebih memilih boots atau sneakers tipe high top supaya bisa menutupi hingga di atas mata kaki. Dan sebaiknya bagian bawah celana dimasukkan ke dalam sepatu sehingga tidak ada celah untuk angin. Oh ya, jangan lupa juga memakai kaos kaki yang tebal.

6. Pakaian/aksesoris tambahan lainnya.

Kalau kamu masih merasa kedinginan, bisa memakai semacam bando/headset untuk menutup bagian telinga, shawl untuk menghangatkan bagian leher atau bahkan menggunakan masker untuk meredam angin dingin ke arah wajah. Saya masih ingat, saat tubuh sudah tercover tapi wajah malah kedinginan karena enggak kepikiran tuk memakai masker.

Berbagai perlengkapan tersebut sebaiknya dipersiapkan dulu sejak di Indonesia. Selain lebih murah, tentu sebagai perlengkapan awal kamu supaya tidak mati kedinginan di Korea. Enggak mungkin juga kan turun pesawat langsung ke mall tuk shopping. Jika merasa tak punya waktu atau malas keluar rumah tuk belanja, kan ada pilihan online shopping. Apalagi sekarang dunia belanja online sedang berkembang pesat di Indonesia. Bisa belanja di Instagram, Facebook atau website-website yang terkenal seperti ZALORA melalui laptop atau handphone. Menurut saya lebih enakan belanja online karena kita bisa melihat berbagai macam produk dan bisa membandingkan harga.

Outfit saat jalan-jalan ke pulau Odongdo di Yeosu

Oh yah, satu lagi yang penting. Saat musim dingin kulit seluruh tubuh akan kering. Pengalaman, saya bahkan alergi dan tubuhnya merah-merah karena kering. Tangan dan wajah juga jadi kering sekali, apalagi bibir, kalau dibiarkan bisa berdarah. Untuk mengatasi hal tersebut saya menggunakan body lotion/oil untuk melembabkan tubuh dan hand cream untuk tangan. Sementara untuk wajah, saya terpaksa membeli serangkaian cream wajah. Tapi setelah beberapa hari menggunakan perawatan wajah tersebut, hasilnya lumayan, wajah jadi lembut, kenyal dan mulus.. hehe. Kalau untuk bibir, wajib menggunakan lip gloss seperti nivea. Menurut saya hal ini juga berlaku untuk laki-laki, kalau enggak mau kulitnya kering dan bibirnya berdarah.

Sekian dari saya, tips yang basic sekali dan semoga berguna yah. Terutama buat yang baru pertama kali merasakan winter di negeri lain. Jadi intinya, jangan berharap terlihat kurus saat winter karena kamu harus memakai baju berlapis-lapis. Dan jangan meniru atau heran dengan wanita Korea yang berani memakai hotpants atau mini skirt saat winter yah, walaupun mereka sudah memakai legging juga, tapi saya tidak yakin orang khatulistiwa seperti kita bisa kuat dengan gaya berpakaian seperti itu. Dan ingat, kita harus menutup aurat!! hehe.. Dan untuk belanja online kamu bisa mengunjungi website ZALORA >> http://www.zalora.co.id .

Outfit saat ke kota Suncheon


xoxo
dila

Tidak ada komentar

Posting Komentar