Yang Bikin Kangen Korea


Oke,, saya akui kalau saya enggak bisa move on dari segala pengalaman menarik selama di Korea. Cuma enam bulan tinggal di negeri ppalli-ppalli (cepat-cepat) dengan tujuan utama Business Trip tapi terasa sangat priceless dan unforgetable. Beruntungnya lagi, walau cuma enam bulan namun saya bisa merasakan keempat musim yang ada di sana! 

Kok bisa? 
Iya donk bisa~ 

Karena saya di-dispatch ke Korea tiga bulan pertama saat pertengahan Spring~Summer dan tiga bulan berikutnya saat pertengahan Fall~Winter. Hampir semua kisah menarik saat Fall-Winter dan beberapa cerita saat Spring-Summer sudah saya ceritakan di blog ini. Mungkin sudah agak basi, tapi saya masih berencana membuat postingan tentang Korea yang belum saya tulis di sini.

Kasihan foto-foto cuma tergeletak di dalam folder. Kalau diunggah ke blog kan sekalian dibubuhi tulisan dan jadilah semacam dokumentasi yang mungkin bisa menambah wawasan para reader.

Tiga hal yang bikin saya kangen dengan Korea

1. Jajanan Pasar

Enggak hanya di Indonesia, ternyata di Korea juga ada jajanan pasar atau makanan yang dijual di tepi jalan dengan harga murah tapi rasanya enak. Mungkin yang suka nonton drama / film Korea juga tau kalau ada cemilan seperti odeng (terbuat dari olahan ikan, bentuknya lembaran panjang lalu ditusuk ke lidi), tteokpokki (kue beras yang dimakan bersama saus cabe), hotteok (pancake Korea berisi kacang merah), bungeoppang (kue berbentuk ikan berisi kacang merah) dan gorengan lainnya. 

Di antara semuanya saya paling suka odeng dan hotteok. Sedikit cerita tentang hotteok, saya pernah mengantri beli pancake korea ini di Busan, tepatnya di dekat laut Heundae. Saat itu musim dingin dan angin laut Busan sedang kencang sekali dan antriannya sangat panjaaaaaaaaaang. Katanya penjual Hotteok ini terkenal karena  pernah dikunjungi oleh salah satu tv show paling terkenal di Korea  yaitu Running Man. Bodohnya saat itu belinya cuma satu, sekali makan langsung habis tidak sebanding dengan perjuangan ngantri, serius waktu itu jaket saya yang tebal enggak mempan menghadang angin.

Donat Korea
Yang ditusuk sate itu odeng~

Odeng
Menemukan jajanan pasar saat ke Downtown-nya Suncheon

2. Traveling

Kangen sekali jalan-jalan di Korea. Sebenarnya sudah banyak tempat wisata di Korea yang saya jelajahi. Kalau ditanya sudah puas atau belum sebenarnya saya cukup puas. Jadi bukan ingin jalan-jalan kesana lagi sih, tapi lebih kepada perasaan yang merindukan suasana tempat wisata yang bersih, kangen dengan kemudahan dan on time-nya transportasi. Informasi dan cara menuju tempat wisata ada di internet, ada situs resminya serta ada peta kertasnya juga. Keren deh pokoknya! Mungkin saya lebih berani ngebolang sendiri di Korea dari pada di Indonesia.

3. Shopping

Yeah shopping! Terutama belanja make-up dan pakaian. Jujur saya kalap sama dua item tersebut selama tinggal di Korea. Mungkin yang lain juga setuju kalau make-up dan pakaian buatan Korea are too cute. Cuteness overload!!. Mari kita bahas satu-satu.

Salah satu toko kosmetik di Korea

#Make-up

Produsen Make-up di Korea memang jago dalam hal marketing & packaging. Ada banyak merek/toko yang mungkin saja menjual produk yang sama tapi setiap merek bisa memiliki ciri khas masing-masing yang bisa menarik minat konsumen. Seperti mengusung tema nature dengan ciri khas hijau, tema earth dengan warna tanahnya, tema pink. Selain itu tidak ketinggalan memilih brand ambassador dari artis yang sedang terkenal. Interior toko yang unik dan bonus-bonus sample setiap melakukan pembelian. Jujur, alasan utama saya beli make-up di sana adalah karena enggak tahan melihat bentuknya yang lucu. Berikut sedikit bukti kekhilafan saya akan kosmetik



#Pakaian

Entah kenapa baju yang dijual disana, baik itu unbranded atau branded, mau di toko biasa hingga boutique semuanya bagus, mengundang untuk dibeli, kadang terasa murah (efek lupa konversi won ke rupiah). Saya suka sekali dengan fashion di sana, mereka lebih cenderung bermain dengan warna-warna lembut. Mereka juga ahli mix & match pakaian, walau kadang saya enggak bisa meniru begitu saja karena saya berjilbab.

Oh ya, negara Korea yang terdiri dari 4 musim membuat kita harus lebih rajin shopping untuk persiapan bertahan hidup di setiap musim yang kondisi cuacanya berbeda dan supaya enggak salah kostum juga. Asik yah ada alasan kuat tuk rajin belanja,, hehe.

Kekalapan saat mampir di sebuah toko baju

Anyway sekarang baju yang benar-benar made in Korea sudah mulai gampang ditemui. Enggak harus nitip ke teman yang sedang di sana, enggak harus susah-susah beli di online shopping Korea, karena pasti sistem pembayarannya ribet. Belum lagi nanti harus menanggung ongkos kirim yang cukup mahal plus kena pajak saat paket tiba di Indonesia.

Saya baru tau ternyata ZALORA sebagai salah satu online shop yang terkenal di Indonesia ternyata juga menjual baju-baju Korea. What a good news! Online Fashion Retail terbesar di Indonesia ini benar-benar banyak pilihannya yah, enggak hanya brand lokal tapi juga brand Internasional termasuk Korea. Untuk melihat koleksi baju Korea tinggal lihat disini yah ^^


Oke,, itulah hal-hal yang saya temukan, rasakan dan lakukan di Korea. It was a great chance could stay there, as alien wkwkwk.

xoxo
dila

5 comments:

  1. Salah satu yang bikin pengin ke korea emang jajanannya, tiap nonton drama atau variety shownya pasti kabita hihi. :9

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Dewi,,
      Iya,, kalau lagi nonton drama pasti ngiler liat makanannya, yah walaupun aslinya ga semuanya enak,, hehe..
      hmm "kabita" apaan yah?

      Delete
  2. Makanannya bikin ngiler kudd, saya mauuuu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makanya kamu nabung honeyyy,, ntar aku temenin ke Korea ^^

      Delete
  3. Hoey.. Odeng Odeng..mana Odeng,

    Dingin - dingin odeng,, kayaknya enak tuh

    ReplyDelete

Powered by Blogger.