Thank You 2014

January 18, 2015
Dulu saya bukan termasuk orang yang suka membuat target atau rencana setiap akan memasuki tahun baru. Karena menurut saya, membuat target itu bisa dilakukan kapanpun dan batas pencapaiannya ga harus hingga akhir tahun kan?

Namun setelah memasuki dunia kerja dimana sebagai karyawan, saya harus membuat rencana harian, mingguan, bulanan hingga tahunan. Selain itu juga terbiasa untuk melaporkan aktual atau pencapaian atas rencana yang telah dibuat setiap harinya. Bekerja di perusahaan besar dengan sistem yang demikian cukup berpengaruh pada kehidupan sehari-hari. Saya jadi berfikir, di tempat kerja aja saya bisa membuat target lalu menyusun rencana, membuat persiapan, eksekusi, membuat laporan hasil pencapaian,hingga membandingkan aktual dengan plan namun kenapa untuk kegiatan sehari-hari tidak demikian?. Yah, semenjak itu saya jadi mencoba melakukan hal yang sama untuk kehidupan pribadi saya.

Bisa dibilang pertama kali saya buat resolusi adalah resolusi untuk 2014. Saya menulis di diary  target yang ingin dicapai mulai dari target yang bersifat besar/utama hingga target kecil. Nah pada postingan kali ini saya tidak akan menjelaskan satu-persatu target tersebut, saya lebih memilih untuk menceritakan beberapa peristiwa berkesan selama 2014 dan beberapa diantaranya adalah target tersebut.

JANUARI

Awal tahun 2014 akhirnya saya memilih untuk keluar dari comfort zone, yaitu pindah dari kosan ke rumah kontrakan. Sebelumnya udah hampir satu setengah tahun saya tinggal di kosan yang terletak di area yang sangat dekat dengan kantor. Sangat mudah menuju atau pulang dari kantor, bisa naik bus kantor atau nebeng teman kantor. Selain itu banyak teman yang juga ngekos di area tersebut,  banyak pilihan tempat makan pula sehingga kita sering ngumpul dan makan bersama. Area tersebut juga dekat dengan rumah sakit dan dilalui oleh bus yang menuju ke Jakarta. Sementara rumah kontrakan yang saya pilih cukup jauh dari kantor dan tidak dekat dengan jalan raya sehingga harus naik ojek dulu lalu lanjut naik angkot kalau mau keluar. Tak hanya itu, tinggal di kontrakan berarti jauh dari teman. Namun tantangan itu semua berani saya hadapi karena hal yang membuat saya tetap pindah adalah saya ingin merasakan suasana rumah setelah pulang dari kantor. Ingin puas menggunakan dapur, tidak perlu antri kamar mandi, ingin membersihkan halaman depan... yah, itu lebih menyenangkan dari pada beristirahat seharian di ruangan 3x4m. Selain itu, sebenarnya ada alasan khusus kenapa tidak mau lagi tinggal di area kosan tersebut.


Hal lain yang berkesan di bulan Januari adalah ngumpul dengan teman deket: iza, ai, is, fyi kita ga mau disebut genk tapi girlband aja,, haha. Kita ngumpul di apartment trisilvia, dan dapat tiket undangan nikahan lider choiza,, huaaa akhirnya ada yang melepas masa lajangnya. Seneng banget bisa ngumpul walaupun bentar karena setelah lulus kuliah kita udah nyebar dan susah banget ketemuannya.

FEBRUARI

Pada bulan ini saya ditugaskan untuk kerja shift 12 jam di department lain dalam situasi emergency!! Antara cobaan berat dan pengalaman berharga.
Poin pertama : kerja shift 12! are you serious? I'm a girl, dan pola shiftnya adalah 2 hari shift pagi, 2 hari shift malam dan 2 hari off
Poin kedua : department lain!! tidak segampang itu bekerja di department lain, banyak yang saya tidak ketahui dan harus dipelajari
Poin ketiga : Emergency situation!! apa mungkin orang yang tidak tau menahu untuk membantu kerja saat kondisi darurat,
Poin keempat : kerja di lapangan boii!! mungkin masih oke jika ditugaskan di office tapi ini saya ditugaskan di pabrik yang resiko kecelakaan kerjanya cukup tinggi dan lingkungan kerja yang keras jika dibandingkan dengan pabrik lain seperti pabrik department saya sendiri.Waktu itu saya merasa tidak punya waktu istirahat, siklus tidur kacau. Namun setelah itu berakhir, saya merasa cukup beruntung karena mendapatkan ilmu baru, teman baru dan pengalaman berarti.
Oh ya, gara-gara kerja shift ini saya jadi ga bisa pulang untuk menghadiri pernikahan sahabat saya,, T_T I'm really sorry lider.


MARET

Di bulan ini saya mendapatkan pelajaran hidup tentang cinta. Cinta itu tercipta tanpa diciptakan, tanpa diusahakan. Cinta tidak bisa dihapuskan dengan menemukan cinta yang baru. Cinta hanya memudar. Wanita tidak pernah memilih akan mencintai siapa atau memberikan hatinya namun dia akan menuju kepada lelaki yang telah mengambil hatinya. Maaf terlalu puitis, yah itulah yang saya rasakan di bulan Maret. Saya sempat dekat dengan seseorang yang baik namun hubungan kita tidak bisa bertahan lama. Mungkin dia cocok sebagai teman namun tidak sebagai pasangan hidup.

APRIL

Bulan yang sangat menyenangkan, saya cuti sekitar 1 minggu dan tentu saja tujuannya adalah pulang ke rumah. Mudik kali ini cukup padat. Saya benar-benar memanfaatkan waktu selama di rumah untuk mengunjungi beberapa tempat wisata, seperti Tarusan Kamang, Istana Pagaruyuang dan Panorama Baru. Selain itu juga jogging pagi sama adik laki-laki saya sambil menelusuri jalan utama Bukittinggi, lanjut ke taman Jam Gadang hingga Kebun Binatang, tentu saja sambil foto-foto dan tak lupa sarapan pagi katupek pical di pasar lereng. Oh ya saya juga mencoba makan di resto Taruko yang posisinya di dalam Ngarai Sianok. Beberapa ceritanya udah saya post di blog ini. Pokoknya kali ini sangat puas jalan-jalan di kampung halaman sendiri.

JUNI

Bulan Juni sungguh spesial karena ada ulang tahun saya, adek dan teman-teman dekat lainnya. Sebenarnya agak sedih karena ulang tahun ini lagi-lagi saya ga punya pasangan, pengen juga dikasih pesta kejutan atau kado dari pasangan T_T . Tapi ternyata ulang tahun saya kali ini agak diluar dugaan, banyak birthday cake dan acara perayaan. Mulai dari H-2 udah diajak dinner oleh 2 orang Mr. baik hati yang mau pulang ke Korea. H-1 dikasih mini birthday cake & pink ice cream oleh samchon. Tanggal 7 Juni nya merayakan ultah sama Hani di Harvest (as usual), H+1 merayakan ultah dengan the genk (iza, is, minus ai), Trus juga merayakan ultah genk Gemini O Berjilbab dengan Tika & Acha. Dan terakhir yang ga disangka-sangka, ternyata saya dapet kue ultah dari teman kantor. Padahal ultah saya hari sabtu tetapi mereka tetap beliin kue ultah. Tapi sayang, surpries cake mereka gagal karena mereka tidak berhasil mengelabuhi saya. Maaf yah,,hehe..tapi makasih banyak teman-teman. Walaupun gagal, usaha kalian untuk tetap merayakan ultah saya yang udah lewat itu adalah surpries bagi saya.


JULI

Bulan puasa!! yang berkesan adalah untuk pertama kali mengadakan CSR atas nama perusahaan di panti asuhan. Ngasih sumbangan, parsel dan buka puasa bersama. Selain itu alhamdulillah masih sempat buka bersama teman-teman kantor yang juga sekaligus teman kuliah dan buka bersama dengan teman-teman MTsN.


Lalu lebaran!! alhamdulillah bisa pulang tuk merayakan lebaran bersama keluarga. Seperti biasa, pas lebaran selalu heboh foto-foto sama si Hani, fokusnya sih motoin outfit trus sama pose yang aneh-aneh. Keseruan pas lebaran udah saya post di blog. Selain itu yang seru pas lebaran adalah ketemu lagi dengan duo Abdi-Edo, seru kalau ngumpul sama mereka karena kelakuan dan cerita-cerita mereka bikin ngakak.


AGUSTUS

Bulan ini juga cukup berkesan karena saya menjadi PIC department untuk serangkaian acara Ultah perusahaan sekaligus perayaan hari kemerdekaan 2 negara. Sebagai PIC, saya harus mensosialisasikan acara di tingkat department, mendaftarkan peserta, koordinasi dengan panitia pusat jadi semacam manager artis karena ada lomba got talent, jadi manager bidang olah raga juga karena ada kompetisi beberapa cabang olah raga trus ngelobi teman satu per satu karena ada pemilihan ambassador perusahaan. Padahal waktu kuliah saya tidak ikut organisasi, jarang terlibat acara-acara kampus, kerjaan cuma kuliah-perpus atau kuliah-donlot. Dengan tanpa pengalaman tersebut dan sekarang di perusahaan saya malah sering mengurus acara-acara gitu,, wow bgt.

OKTOBER

Akhirnya saya ikut les setir mobil selama 7 kali pertemuan, sekali pertemuan durasinya 1 jam. Pertama kali bawa mobil rasanya takjub, haru dan deg-degan, lalu setelah 1 jam bawa mobil jadi merasa mual karena kayaknya saya bawa mobil ugal-ugalan, hebohlah pokoknya. Ga nyangka akhirnya berani nyetir mobil. Dulu saya merasa menyetir mobil adalah hal yang tidak mungkin saya lakukan.
Selain itu saya semakin semangat jogging setiap sabtu / minggu, sekali jogging biasanya hingga 6-7 Km dan juga mulai ikut ngegym di bulan ini. Saya cukup rajin ngegym, seminggu bisa 3 kali atau bahkan 4 kali.


NOVEMBER

Mudik periode ke-3!! Kalau misi mudik pertama adalah berwisata di kampung halaman, mudik kedua merayakan idul fitri, nah untuk mudik yang ketiga misi saya adalah membuat SIM A & SIM C. Sebenarnya mau bikin SIM A doank, tapi kata papa bikin aja sekalian SIM C. Udah lama bisa bawa motor sih tapi agak lupa, trus dulu takut ke jalan raya karena ga punya SIM, sekarang setelah punya SIM, saya jadi berani bawa motor ke jalan raya. Setelah selesai ngurus SIM A, akhirnya saya beli mobil~~ yeyelala. Yah, memiliki mobil adalah salah satu target besar saya di tahun 2014. Saya mantap untuk nabung dan membeli mobil setelah pindah ke kontrakan. Saya merasakan sekali perjuangan pergi dan pulang kerja. Kalau pergi selalu nebeng motor teman. Tapi setelah itu tetap harus naik Bus menuju kantor. Nah kalau pulang lebih ga jelas. Kadang naik bus dulu trus lanjut naik ojek atau bahkan jalan kaki ke rumah. Kalau ketinggalan bus, saya akan nebeng motor teman. Kalau hujan udah pasrah kehujanan. Kalau temen yang biasa nebengin cuti atau ada perlu lainnya, saya harus nyari tebengan lain. emang ada bus yang disediakan oleh kantor tapi itu diperuntukkan kepada karyawan yang gradenya persis di bawah grade saya. jadi kadang-kadang ada yang nyindir kalau saya naik bus,, kejam kannn.. T_T . Yah, karena hal tersebut lah saya menguatkan diri untuk no shopping, no jalan-jalan, no hedon lah pokoknya supaya bisa membeli mobil. Alhamdulillah dikabulkan oleh Allah, bisa memilikinya sebelum musim hujan.

DESEMBER

Bulan ini stop ngegym dulu karena sering hujan trus udah banyak pengeluaran juga. Di bulan ini lebih fokus latihan setir mobil. Selama membawa mobil yang paling sulit itu adalah parkir, macet di tanjakan dan di persimpangan. Apalagi parkir di garasi rumah yang sedikit nanjak, susah banget,, bahkan membuat lecet si Gerard dua kali.. T_T . Oh ya, terima kasih kepada teman-teman yang udah mau nemenin latihan setir, ga hanya bareng temen saya bahkan latihan setir sama supir tetangga. haha... belajar harus sama yang ahlinya.

Alhamdulillah untuk tahun 2014, banyak sekali nikmat dari Allah. Banyak hal baru, pengalaman berharga dan saya merasa tahun 2014 banyak perubahan positif dari diri saya. Sayangnya di akhir tahun 2014 saya masih berstatus single, mudah-mudahan di akhir tahun 2015 udah beda status. Aamiin.


xoxo
-----dila--

No comments:

Powered by Blogger.