Istilah Bahasa Inggris Populer Bagi KPOPers

March 04, 2021
Halo selamat siang semuanya~

Kali ini mau bahas apa yah? hmm 
Dulu blog ini saya dedikasikan untuk menulis dan membagikan foto-foto hasil liburan. Sehingga blog ini sudah saya anggap sebagai diari digital. Namun semenjak corona, jangankan liburan, mudik aja belum bisa, sedih....

Karena tidak ada cerita liburan, maka kali ini saya kembali ingin membahas tentang KPOP. Sebelumnya saya sudah membuat postingan tentang singkatan Bahasa Inggris yang sering digunakan dan istilah Korea yang jarang diterjemahkan. Nah sekarang saya tiba-tiba terinspirasi untuk merangkum beberapa istilah Bahasa Inggris yang biasa digunakan oleh fans KPOP, seperti bias, ship, line dll. Dijamin, ini berguna bagi kepopers baru! hehe... Oke mari kita lihat ada apa saja.

Istilah B. Inggris yang biasa digunakan oleh fans KPOP :

1. Idol

Idol dalam bahasa Indonesia berarti idola, biasanya sebutan untuk orang yang kita sukai dan terkadang menjadi panutan. Idola tak hanya dari kalangan artis tapi juga dari profesi lainnya. Namun dalam dunia Kpop, khususnya di Korea, istilah idol adalah panggilan untuk para boyband dan girlbandWalaupun di Korea ada banyak penyanyi lainnya dari aliran musik seperti rock, indie, trot dll, namun istilah idol hanya terbatas untuk para boyband dan girlband.

2. Bias, Ultimate Bias & Bias Wrecker

Mungkin saat di sekolah kita sering mendengarkan istilah bias dalam pelajaran fisika, seperti pembiasan cahaya. Ternyata ini menjadi salah satu kata populer di kalangan fans KPOP, dan tentu maknanya berbeda. Ada yang sudah tau arti dari bias, ultimate bias & bias wrecker?

Bias adalah seseorang yang paling disukai atau member favorite dalam sebuah grup.
Bias Grup merupakan grup yang paling kita disukai.
Ultimate Bias adalah bias yang paling disukai di antara bias lainnya. Terkadang seorang fans menyukai beberapa grup dan tentu punya bias disetiap grup tersebut. Nah, dari beberapa bias pasti ada satu yang  ultimate bias.
Bias Wrecker adalah sebutan untuk member lainnya yang bisa mengalihkan perhatian fans dari bias. Dalam kehidupan nyata, bias wrecker bisa diibaratkan sebagai selingkuhan wkwk.

Berikut contoh versi saya :
Bias Grup : BTS
Bias : Jungkook
Ultimate Bias : Jungkook
Bias Wrecker : Taehyung

4. Stan

Stan? apa itu stan? Ternyata ini salah satu istilah KPOP yang cukup populer loh! Stan digunakan saat fans sangat menyukai atau terobsesi dengan penyanyi favoritenya. Namun menurut saya, bentuknya ada dua yaitu :
-Sebagai verba, contoh kalimat : I stan Tomorrow X Together 
-Sebagai nomina, contoh kalimat : I'm Jimin stan

Selain itu ada juga istilah solo-stan/single-stan, multi-stan, boygroup-stan dan girlgroup-stan
Solo-stan/single-stan adalah tipikal fans yang lebih terobsesi dengan satu member di grup yang dia sukai.
Multi-stan adalah fans yang suka beberpa grup. 
Boygroup-stan adalah orang yang suka boygroup saja dan sebaliknya girlgroup-stan adalah orang yang suka girlgroup saja.
Jadi kalau dilihat dari contoh di atas, sebenarnya kata "stan" artinya mirip dengan "fans" namun mungkin tingkatannya di atas fans.

5. Ship

Ship yang kita tau selama ini adalah kapal. Tapi di dalam dunia KPOP, maknanya berbeda. Makna "ship" di sini adalah saat fans mendukung dua idola yang mereka suka, bisa lawan jenis dan bisa sesama jenis. 

Misalnya saat suka melihat pertemanan antara Jake dan Sunghoon (ENHYPEN) jadi, fans akan bilang " I ship Jake & Sunghoon". Oh iya, kadang fans suka menyingkat dan menggabungkan nama dari ship favorite mereka misalnya "I ship Taekook (Taehyung & Jungkook)" .

Selain itu juga ada istilah "shipper", mungkin bisa diartikan "pendukung". Misalnya "We are Momo and Heechul shipper" = Kami pendukung Momo dan Heechul. Sebenarnya saya masih bertanya-tanya kapan istilah ini mulai digunakan dalam dunia KPOP.

6. Visual

Visual adalah istilah yang digunakan untuk menyatakan idol yang berparas cantik/tampan. Misalnya visual di grup ASTRO adalah Cha Eun Woo. Biasanya di setiap grup ada member yang menjadi visual, baik itu ditentukan oleh Agensi, dan ada juga yang ditentukan oleh fans. Kadang, saat fans menyukai semua member di bias grupnya maka dia berkomentar "wah TXT isinya visual semua"

7. Line

Line dalam kamus artinya adalah baris, barisan, deretan dll. Line sering digunakan oleh fans KPOP. Misalnya BTS yang beranggotakan 7 orang, memiliki 3 rapper dan 4 vokal, maka fans suka menyebut "Rap Line" (yang terdiri dari RM, Suga, J-Hope) dan Vocal Line (Jungkook, Jimin, Jin, V)
Dan ada banyak lagi penggunaan line seperti kumpulan idol kelahiran 1997 = 97-Liners , kumpulan hyung = hyung line dan kumpulan maknae - maknae lineAda juga visual line, seperti yang paling terkenal visual line dari The Boyz yaitu Juyeon, Younghoon, Hyunjae.

Note:
Yang masih belum paham istilah hyung dan maknae, bisa baca di postingan ini >> 5 Istilah Korea Populer Di Dunia KPOP

------------------

Sekian tujuh istilah bahasa Inggris yang biasa digunakan oleh fans KPOP yang sudah saya rangkum. Sebenarnya masih banyak istilah lainnya, anggap saja ini part 1, dan nanti saya lanjutnya part 2.

Terima Kasih.

No comments:

Powered by Blogger.