6 Blog Paling Favorit versi Chocodilla

September 29, 2020

Hi teman-teman blogger,
Bagaimana kabarnya? Semoga sehat-sehat yah.

Sebenarnya saya kangen banget sama blog, ingin improve design dan isi blog dan juga kangen blog walking. Alhamdulillah sejak saya memutuskan untuk jualan macrame, sekarang waktu saya banyak disita untuk mengurus bisnis kecil tersebut. Namun kali ini saya menyempatkan diri untuk menulis sesuatu yang singkat tapi mudah-mudahan berguna.

Beberapa tahun menjadi blogger, tentu saya juga suka melihat blog lainnya. Mulai dari travel blogger, food blogger, fashion blogger dan lain-lain. Banyak sekali blog yang menginspirasi dan menambah pengetahuan saya. Nah, sekarang saya ingin share blog paling favorite saya baik dari Indonesia maupun dari luar.

Enam Blog Inspiratif Paling Favorit versi chocodilla.com

Sebuah lifestyle blog yang dibangun oleh kakak beradik yaitu Elsie dan Emma. Motto mereka adalah "stay home and make something", terlihat dari konten blog mereka seputar craft, dekorasi, style dan resep makanan. Saya takjub melihat mereka, ide dekorasinya sangat bagus dan sebagian besar dekorasi mereka buat sendiri a.k.a DIY. Tampilan blognya juga sangat enak untuk dibaca. Pokoknya ini adalah blog yang paling tepat untuk mencari inspirasi dekorasi dan kerajinan tangan.




Pertama kali tau blog ini saat saya mencari tutorial mengenai blog seperti mengganti font, design layout dan lain-lain. Salah satu blog yang mengajarkan saya tuk otak-atik kode-kode yang ada di blog. Namun berjalannya waktu, blog yang dikelola oleh suami istri ini lebih banyak berbagi cerita tentang jalan-jalan dan juga resep masakan. Sealu iri kalau melihat mereka post foto jalan-jalannya, mana fotonya juga memukau semua. Sepertinya mereka sudah mengunjungi lima Benua. Selain itu mereka juga membagikan resep masakan, dan semuanya juga terlihat enak-enak. Tapi saya belum pernah mencoba resep yang dibagikan, karena kadang bahan-bahannya susah.



Kali ini adalah blog yang dikelola oleh suami istri dari Indonesia. Mungkin kamu sudah sering melihat mereka di Instagram? Kalau saya pribadi sepertinya pertama kali menemukan blog mereka, setelah itu barulah mengenal Instagramnya. Saran saya jangan buka blog anakjajan saat lapar, karena di dalamnya menyajikan foto-foto makanan yang menggugah selera. Blog ini memberikan informasi makanan atau tempat makanan recommended di Jakarta khususnya, beberapa kota di Indonesia yang sudah mereka kunjungi serta negara lain. Negara lain yang paling sering dibahas adalah Jepang. Selain membagikan foto makanan, blog ini kadang juga menceritakan kisah travelling mereka, tips dan kadang juga membagikan resep masakan.




Ketika belajar merajut (crochet), tak sengaja saya menemukan blog ini dan langsung jatuh cinta. Blognya cantik dari segi tampilan dan juga dari segi hasil rajutan. Blog ini juga memberikan tutorial gratis. Saking sukanya, saya bahkan membeli buku tutorial crochet dia. Tapi sedihnya, blog ini sudah jarang diupdate dan ternyata dilihat dari postingan terakhir di instagram, owner dari redagapeblog ini mengatakan bahwa dia akan berhenti merajut. Tak disebutkan alasan jelasnnya. Tapi saya sangat sedih karena kehilangan sosok inspiratif di dalam dunia rajut.




Kita kembali ke blogger lokal yah. Blog ini fokus dalam memberikan resep masakan teruatama masakan Indonesia. Seorang teman mengenalkan blog ini saat saya belajar masak, katanya blog ini memberikan tutorial yang mudah diikuti dan anti gagal. Ternyata benar, beberapa resep telah saya coba dan alhamdulillah hasilnya enak. Blog ini benar-benar menjelaskan step by step dan disertai gambar. Walaupun saya bisa melihat resep di blog ini secara gratis, tapi saya tetap membeli 3 buku resep yang dijualnya untuk mengapresiasi owner justtryandtaste.




Masih blog seputar dunia makanan, blog luar ini berisi tentang resep masakan, tips memasak, tips cleaning peralatan masak/dapur, tips merapikan stok makanan dan dapur, tips berbelanja dan lain-lain. Saya suka sekali melihat blog ini setiap pagi sebelum memulai pekerjaan di kantor, jadi pengen punya dapur yang bagus. Walaupun banyak resep masakan, (lagi-lagi) saya belum bisa mencobanya terkendala bahan-bahan. Pokoknya blog ini menjadi inspirasi seputar masakan dan dapur.



----

Sebenarnya dulu ada beberapa fashion blogger Indonesia yang saya sukai, tapi karena mereka sudah tidak update jadi saya memutuskan untuk tidak mencantumkannya pada postingan ini. Yah, sepertinya fashion blogger sudah beralih ke Instagram. 

Yang bisa saya pelajari dari 6 blog di atas adalah, bagaimanapun kita harus punya niche blog jika benar-benar ingin mengembangkan blog, harus konsisten membuat postingan, membuat tampilan blog yang diatur dengan cantik, nyaman dan enak dilihat.

Semoga blog saya juga bisa jadi besar seperti mereka, tapi saya masih mencari jati diri hehe. Masih memikirkan hal apa yang benar-benar ingin saya sampaikan pada blog ini.

----

Sekian tulisan dari saya, apakah teman-teman juga suka dengan 6 blog di atas?

xoxo
dila

No comments:

Powered by Blogger.