My First Sakura Ever


Ketika masih kecil, saya suka memandangi kalender yang terpajang di dinding rumah. Kalender dengan gambar pemandangan alam seperti pohon, sungai dan bunga adalah favorite saya. Terutama gambar pohon sakura dengan bunga berwarna pink yang bermekaran. Terkadang saya menghayal masuk ke dalam kalender tersebut, berjalan dan melihat lebih dekat bunga sakura yang indah itu. Saya berfikir, "indah sekali, apakah sungguh ada alam yang seperti itu?".

April 2018, bukan mimpi maupun khayalan, saya sungguh masuk ke dalam kalender tersebut. Yah, akhirnya saya melihat sendiri bunga sakura pertama saya di negara asalnya yaitu Jepang. It was my dream and it came true.. yeahhhh!! I was hella happy~ Alhamdulillah.

Sebenarnya banyak hal yang ingin saya ceritakan mengenai liburan ke Jepang di awal bulan April kemaren. Mulai dari persiapan jalan-jalan, kisah mengunjungi tiga kota besar di Jepang, outfit selama di Jepang, Do and Don't, pengalaman sebagai muslim traveller dan lain-lain. Namun pada postingan perdana ini saya ingin sekali membahas pengalaman saya melihat sakura. Berikut tempat-tempat yang saya kunjungi untuk melihat sakura :

1. Osaka Castle


Sakura pertama saya saat di Jepang adalah di Osaka Castle, merupakan tempat wisata paling populer di Osaka. Seperti namanya, Osaka Castle merupakan bangunan bersejarah berupa istana besar yang sekarang bisa dikunjungi oleh wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Area Osaka Castle cukup luas, mulai dari bangunan istananya sendiri yang sangat besar, halaman luas dan dipagari dengan tembok dan saluran air (seperti sungai). Ada Banyak pohon sakura yang tumbuh di halaman Osaka Castle, tapi sayangnya ada beberapa yang sudah gugur. Saya tak menyangka bunga sakura cepat sekali gugurnya, padahal saya kesana di awal musim semi.


Di halaman Osaka Castle

2. Shitenno-ji Temple


Shitenno-ji temple dianggap sebagai kuil Buddha pertama dan tertua di Jepang yang terletak di Osaka. Ketika berkunjung ke kuil ini, saya melihat pohon-pohon sakura yang mengelilingi sebuah kolam kecil. Bunganya mekar dengan indah, walaupun ada yang gugur dan jatuh ke kolam maupun tanah.


Sakura yang gugur jatuh ke tanah aja cantik
3. Fushimi-Inari Taisha

Dari Osaka mari lanjut ke kota Kyoto. Di Kyoto saya mengunjungi Fushimi-Inari Taisha, merupakan kuil shinto yang sangat terkenal di kalangan wisatawan. Di sini saya menemukan pohon Sakura sedang mekar walaupun hanya sedikit. Kebetulan disini, saya dan teman-teman menyewa kimono sehingga kami berfoto di depan Sakura menggunakan kimono.

KimonoXHijab
Jilbab kita kebetulan pas warnanya dengan kimono yang disewa
4. Sakuranomiya Park


Berupa taman yang ditumbuhi pohon sakura dan ditengah-tengahnya terdapat sungai. Lokasinya masih di kota Osaka. Kalau lihat di google, saat musim semi pohon sakura bermekaran dengan cantik namun saya dan teman-teman sedikit kurang beruntung karena sebahagian bunga sakura sudah rontok. Di sini saya melihat orang-orang piknik di bawah pohon sakura persis seperti kartun Jepang yang biasa saya tonton saat kecil.

Pengen piknik cantik di bawah sakura juga
5. Ueno Park



Ueno Park adalah taman umum yang berada di Ueno, distrik Tokyo. Taman seluas 530 ribu meter persegi ini terdapat pohon sakura dan juga taman bunga peony. Selain itu disini juga ada kuil dan patung-patung lainnya.


6. Asakusa

Asakusa adalah kawasan kuil Buddha yang berada di distrik Tokyo. Di sekitar kawasan ini terdapat toko oleh-oleh dan tempat makan, sehingga banyak sekali turis yang berkunjung. Saya kembali menemukan (sedikit) sakura di area ini.



7. Shinjuku Gyeon Park


Ini adalah tempat terakhir yang saya kunjungi saat di Jepang untuk melihat Sakura. Shinjuku Geon Park adalah salah satu taman terluas dan terkenal di Shinjuku,Tokyo. Rencananya, saya dan teman-teman ingin piknik cantik di bawah pohon Sakura di taman ini. Tapi hal tersebut gagal karena saat itu anginnya sangat kencang, tak hanya menerbangkan bunga tapi juga tanah. Jadi tak mungkin kita makan cantik dengan kondisi seperti itu.




Begitulah summary saya menemukan pohon sakura saat liburan ke Jepang. Ternyata bunga sakura tidak hanya berwarna pink, ada juga yang bewarna merah dan bahkan putih. Saya sangat senang dapat melihatnya langsung dan berfoto dengan sakura, walaupun sebenarnya banyak sakura yang sudah rontok sehingga pemandangannya tidak secantik pemandangan sakura yang ada diinternet,, haha. Ditunggu postingan saya berikutnya tentang Jepang yah. Bye

Salam dari Sakura Geng!!
xoxo
dila

Location : Osaka, Kyoto & Tokyo, Japan
Date : 4~12 April 2018

Camera : Fujifilm XT20

6 comments:

  1. aku ke sana juga akhir maret kmrn...alhamdulillah udah ketemu sakura meski blom blooming banget...
    paling seru di halaman belakang osaka castle sih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti masa blooming sakura memang singkat banget yah. Akhir maret blum mekar, minggu awal April aja udah pada rontok. iya di belakang castle masih banyak bunga sakuranya.

      Delete
  2. Aku juga April kemarin ke Jepang, kok nggak ketemu ya? #Yakale :D
    Cuma aku datang pas pertengahan April jadi sakuranya sudah pada rontok, hanya ada di kota-kota kecil saja.

    Salam kenal ya sesama Rizka.. hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah namanya Rizka juga? salam kenal~
      Minggu pertama April aja sakuranya udah mulai rontok apalagi pertengahan April, hehe. Berarti harus hunting sakura lagi tahun depan. :)

      Delete
  3. Jadi mau ke Jepang deh jadinya, suka banget liat bunga sakura:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus cari info kapan bunga sakuranya blooming, telat dikit aja, sia-sia karena enggak ketemu sama sakura. hehe

      Delete

Powered by Blogger.