My Beautiful Hometown : Panorama Baru

Postingan sebelum-sebelumnya gw udah kebanyakan bercerita tentang Korea, sekarang gw mau bercerita tentang negeri sendiri, khususnya kampung halaman gw Ranah Minang.

Dulu, keluarga gw itu sering mengunjungi tempat wisata, mulai dari danau, air terjun hingga pantai. Waktu kecil sih gw semangat jalan-jalan tapi sejak MTsN gw merasa bosan jalan-jalan. Gw lebih milih tinggal sendirian di rumah tuk main PS dari pada wisata keluar.

Kalau ditanya kapan gw suka berwisata lagi dan apa alasannya, mungkin mulai dari masa-masa kuliah dan itu karena ada yang namanya kamera digital dan HP yang memungkinkan tuk upload foto di media sosial. Tidak hanya mengupload foto tapi juga bisa berbagi cerita saat jalan-jalan di blog pribadi. Yah, kayaknya gw semangat wisata itu karena lebih puas melihat hasil fotonya. Emang seharusnya kita menikmati perjalanan tapi akan lebih bagus lagi kalau perjalanan itu terdokumentasikan sehingga bisa dikenang lagi kapanpun dan dimanapun. Selain itu blog adalah media sosial yang bisa diakses siapa saja. Mata tahu orang yang membaca blog kita bisa terinspirasi atau menambah pengetahuan mereka dari cerita atau pengalaman kita. Berbagi cerita di blog itu adalah hal yang menarik menurut gw. Gw pun termasuk orang yang suka membaca tulisan menarik blogger lainnya.

Setelah lumayan puas dengan perjalanan & hasil dokumentasi di Korea, sekarang gw jg pengen melakukan hal yang sama di negara ini. Kebetulan gw adalah perantau yang bekerja di tanah Jawa yang jarang-jangan pulang kampung. Jadi saat ditawarin berwisata ke sekitar Jawa-Bali gw lebih memilih pulang kampung aja. Karena selain bisa bertemu keluarga, juga bisa berwisata di daerah sendiri. kebetulan kampung gw ini adalah salah satu kota Wisata.

Ada banyak objek wisata di Bukittinggi yang dulu gw anggap biasa aja, yah mau gimana lagi, dari lahir udah terbiasa melihat/mengunjunginya dan dulu malah heran, ini kenapa tiap akhir pekan atau tiap libur kota gw jadi sedikit macet. SEKARANG!! setelah tinggal jauh dari Bukittinggi, gw baru merasakan betapa indah, asri, sejuk dan nyamannya kampung gw ini. Salah satunya adalah Panorama Baru.



Masih akhir May kemaren, gw meminta sepupu gw yang juga temen MTsN dulu, untuk nemenin gw ke Panorama Baru. Objek wisata ini berupa taman diatas ngarai Sianok, sehingga kita bisa melihat pemandangan ngarai. Biasanya bagi warga lokal, ini tempat yang pas tuk pacaran xixi Panorama Baru salah satu tempat wisata yang terletak di pusat kota. Waktu MTsN, dari rumah menuju sekolah angkotnya melewati Panorama baru ini sampai-sampai hafal perubahan tiap harinya. Makanya dulu ga begitu tertarik tuk wisata kesini. Tapi sekarang, ingin wisata kesana, ingin merasakan menjadi turis yang berwisata dan lebih niat tuk foto-foto sih,, hehe

 photo SAM_5384-edit.jpg

 photo SAM_5391.jpg

 photo SAM_5399-edit.jpg

Selain itu disini juga terdapat Lobang Jepang yang dibuat saat jaman penjajahan Jepang dulu. Pintu Lobang Jepang yang ada di Panorama Baru yang mana posisinya ada diatas Ngarai, bisa tembus ke dinding bawah Ngarai Sianok. Gw yang udah tinggal di Bukittinggi selama 18 tahun belum pernah masuk ke Lobang Jepang ini, alasannya tak lain dan tak bukan adalah TAKUT! Katanya jika menelusuri Lobang Jepang ini ke dalam, kita akan menemukan ruangan-ruangan yang diantaranya ada ruangan penyiksaan.

 photo SAM_5415.jpg

 photo SAM_5422-edit.jpg
Sok-sok mau masuk..

 photo SAM_5427.jpg
Denah Lobang Jepang

 photo SAM_5414-edit.jpg

 photo SAM_5435-edit.jpg

 photo SAM_5389-edit.jpg

Setelah puas cerita-cerita dan foto-foto di Panorama Baru, kita melanjutkan perjalanan turun ke bawah ngarai untuk makan siang di sebuah resto yang cukup terkenal di kalangan anak muda Bukittinggi, namanya Taruko. Terkenal karena bangunannya yang antik dan dilengkapi view ngarai yang asri. Tapi sayangnya batere camera gw tinggal dikit sehingga ga sempat foto banyak-banyak.

 photo SAM_5455-edit.jpg

------

Location : Bukittinggi
Time : April 1st, 2014

1 comment:

  1. Selamat ulang tahun nuna...

    panjang umur, sehat slalu..

    ReplyDelete

Powered by Blogger.